Kopi TIMES

Strategi Pengembangan Perpustakaan Desa

Sabtu, 22 Januari 2022 - 19:51 | 87.99k
Strategi Pengembangan Perpustakaan Desa
Soekaryo, SH.,MM, Kepala Dinas DPMD Jawa Timur.
Editor: Yatimul Ainun

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Bangsa Indonesia telah melukiskan cita-cita besar sebuah bangsa sepanjang masa dengan segala bentuk tantangannya termaktub dalam pembukaan UUD 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Segala bentuk kebijakan telah dikeluarkan oleh pemerintah sebagai upaya untuk mewujudkan  cita  cita  tersebut. Pencapaian cita-cita tersebut terlihat bagaimana alokasi APBN hingga 20 % untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan nasional diberbagai tingkatan. Yang tidak kalah penting tentu saja adalah bangkitnya kesadaran dari masyarakat untuk senantiasa meningkatkan pengetahuan juga akan mendorong percepatan upaya pencapaian tujuan tersebut. Kemampuan dasar membaca, menulis, serta berhitung atau yang biasa disebut literasi adalah  tahap awal  dari  proses pendidikan guna mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satu   upaya untuk membangkitkan budaya literasi tersebut tentu saja merupakan peran sentral pemerintah desa.

Pemerintah Desa adalah merupakan satuan unit pemerintahan yang paling kecil yang bersinggungan langsung dengan masyarakat. Selain itu, sebagian besar masyarakat Indonesia tinggal di daerah pedesaan dan  pengguna dari perpustakaan desa ini tidak dibatasi oleh tingkat pendidikan, usia dan profesi sehingga dapat menyentuh kepada semua lapisan masyarakat,  terutama  yang  berada  di  desa. Keberadaan Perpustakaan Desa yang mempunyai peran strategis ini adalahsarana yang cukup efektif  untuk meningkatkan kesadaran peningkatan pengetahuan melalui membaca.

Perpustakaan Desa menurut Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional RI No. 6 Tahun2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan Desa/ Kelurahan, perpustakaan desa adalah perpustakaan yang diselenggarakan    oleh pemerintah desa/kelurahan yang memiliki tugas pokok untuk melaksanakan pengembangan perpustakaan yang ada di wilayah  desa/kelurahan  dan melaksanakan  layanan  perpustakaan  bagi masyarakat umum dengan tidak membedakan ras, usia, agama, gender dan status  social ekonomi. Adapun tujuan perpustakaan desa adalah untuk meningkatkan kualitas serta taraf hidup masyarakat melalui tersedianya    bahan perpustakaan atau akses informasi guna meningkatkan keterampilan, ilmu pengetahuan, pendidikan, apresiasi budaya, dan rekreasi bagi kepentingan pembelajaran yang dilakukan sepanjang hayat.

Fungsi perpustakaan desa sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) yaitu; mengembangkan jumlah koleksi perpustakaan, mengorganisasikan bahan perpustakaan, memberikan layanan berbagai bahan perpustakaan, menjadikan perpustakaan desa berfungsi sebagai tempat gunapembelajaran masyarakat sepanjang hidup, menjadikan perpustakaan sebagai pusat informasi, kegiatan, dan komunikasi masyarakat, serta menjadikan perpustakaan sebagai tempat rekreasi dan hiburan.

Menarik sekali melihat fungsi perpustakaan sebagai tempat rekreasi dan hiburan berdasarkan SNI di atas, sehingga penulis lebih tertarik menggunakan istilah “Kebun Buku” desa dibandingkan perpustakaan desa, seiring sudah kuatnya stigma dalam benak setiap anggota masyarakat bahwa perpustakaan adalah tempat membosankan yang hanya akan menyita waktu tanpa adanya dampak nyata dan langsung bisa dirasakan. Followers dari stigma tersebut dalam konteks masyarakat desa dengan pengetahuan rendah tentu saja sangat beralasan, mengingat ada yang jauh lebih prioritas yang bisa dilakukan (pemenuhan kebutuhan hidup) dan manfaatnya jelas langsung bisa dirasakan. Akan tetapi, yang tidak boleh dilupakan bahwasannya kemajuan suatu bangsa sangat  ditentukan oleh sejauh mana masyarakatnya mempunyai kesadaran untuk meningkatkan pengetahuannya. Peningkatan pengetahuan masyarakat, disamping ditentukan oleh pendidikan formal juga akan sangat terbantu jika masyarakat mempunyai budaya literasi yang baik.

Penggunaan istilah “Kebun Buku” sendiri terasa lebih dekat di hati para masyarakat desa yang sebagai besar aktivitasnya setiap hari berkebun/bertani. Harapannya, kebun buku bisa lebih mudah untuk dicintai oleh masyarakat desa daripada istilah perpustakaan yang terkesan formal dan terlihat jauh dari kearifan lokal. Strategi pertama rencana pembangunan Kebun Buku tentu saja tidak bisa sepihak dilakukan oleh pemerintah desa, yang lebih dahsyat adalah bagaimana langkah awal pengadaan Kebun Buku menjadi sebuah kebutuhan bersama warga masyarakat.

Lao tse dalam hal ini pernah mengatakan "A jouney of thousands miles must begin with a single step" artinya perjalanan beribu-ribu mil atu beribu-ribu kilometer pastilah diawali oleh satu langkah pertama. Membangun kesadaran pada awal penentuan langkah adalah kunci utama. Masyarakat harus diberikan pemahaman bahwasannya kebun buku desa  pada dasarnya  adalah kebutuhan bersama, dibangun bersama oleh masyarakat, bertujuan  untuk melayani masyarakat, dan digunakan sepenuhnya untuk warga masyarakat. 

Strategi selanjutnya adalah kekuatan doktrinasi, kepemimpinan hebat kepala desa mengajak tokoh masyarakat untuk bersama-sama memberikan penyadaran kepada masyarakat tentang betapa “mahal” nya investasi kebun buku. Kebun Buku desa mempunyai peran yang penting bagi warga desa untuk dapat meningkatkan pengetahuan mereka, berperan menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat terhadap informasi. Dengan informasi  yang  dimiliki, tentu saja masyarakat dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya dalam usaha meningkatkan taraf hidupnya. Harapannya, dengan mengetahui pentingnya meningkatkan pengetahuan, diharapkan budaya literasi dapat mendukung masyarakat dalam mengembangkan  potensi yang dimiliki dan dapat memperpaiki kesejahteraan mereka. 

Tantangan selanjutnya adalah bagaimana strategi penataan kebun buku yang bisa menjadi magnet kuat mendorong masyarakat untuk bersama-sama bisa memanfaatkannya dengan baik. Kebun Buku harus benar-benar di bangun dengan lokasi yang strategis, model bangunan yang unik, interior yang menawan (seperti kebun nyata berlatar panorama pegunungan yang indah), tempat baca yang unik (duduk, bersandar, rebahan), fasilitas pendukung yang lengkap (laptop/ komputer, wifi, cafetaria), jaminan ketersediaan buku semua kalangan, terdapat berbagai spot selfie yang menarik, layanan pijat refleksi sambil berliterasi, sarana bermain semua kalangan, ketersediaan home theater, dan berbagai layanan menarik lainnya.

Negara telah hadir, pemerintah dalam hal ini Kemendes PDTT melalui Permendesa PDTT Nomor 16 Tahun 2018 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa, Penggunaan Dana Desa Untuk Literasi dialokasikan pada pembangunan, pengembangan dan pemeliharaan sarana prasarana pendidikan dan kebudayaan yakni bangunan perpustakaan desa dan buku/bahan bacaan, mendukung kegiatan pendidikan bagi anak-anak usia wajib belajar, seperti perpustakaan desa dan buku bacaan, serta perpustakaan desa dalam rangka menunjang proses belajar mengajar dalam kegiatan pelatihan kerja bagi warga desa yang akan menjadi buruh migran dan dimanfaatkan pelajar dalam mengerjakan tugas sekolah. Akhirnya, mari kita lakukan langkh kecil untuk desa kita, menginisiasi lahirnya Kebun Buku yang menyenangkan dengan strategi yang tepat, berkolaborasi dengan masyarakat agar bisa bersama-sama merasa sangat membutuhkan keberadaan Kebun Buku tersebut demi peningkatan kesejahteraan hidup.

 

*) Penulis: Soekaryo, SH.,MM, Kepala Dinas DPMD Jawa Timur

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

**) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: opini@timesindonesia.co.id

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

EKORAN

TERBARU

  • Mendagri Surati Gubernur Malut, Persiapkan Pelantikan Pj Bupati Pulau Morotai
    Mendagri Surati Gubernur Malut, Persiapkan Pelantikan Pj Bupati Pulau Morotai
    17/05/2022 - 23:26
  • Ridwan Kamil: PPDB di Jabar Makin Adil dan Andal
    Ridwan Kamil: PPDB di Jabar Makin Adil dan Andal
    17/05/2022 - 23:19
  • Kemenparekraf Glontorkan Dana 4,5 untuk Poltekpar Sragen
    Kemenparekraf Glontorkan Dana 4,5 untuk Poltekpar Sragen
    17/05/2022 - 22:56
  • Lagi, Neraca Perdagangan Tembus Rekor, Menko Perekonomian RI: Ekonomi Kian Tangguh
    Lagi, Neraca Perdagangan Tembus Rekor, Menko Perekonomian RI: Ekonomi Kian Tangguh
    17/05/2022 - 22:49
  • Warga Keluhkan Balai Desa di Blora Kerap Tutup saat Jam Kerja
    Warga Keluhkan Balai Desa di Blora Kerap Tutup saat Jam Kerja
    17/05/2022 - 22:43

TIMES TV

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

10/11/2021 - 09:39

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Profesi Jurnalis Sangat Penting Bagi Kaum Perempuan
    Profesi Jurnalis Sangat Penting Bagi Kaum Perempuan
    17/05/2022 - 09:17
  • Islam Untuk Kemanusiaan dan Kedamaian Dunia
    Islam Untuk Kemanusiaan dan Kedamaian Dunia
    16/05/2022 - 06:28
  • Di Balik Substansi dan Eksistensi Partai Mahasiswa Indonesia
    Di Balik Substansi dan Eksistensi Partai Mahasiswa Indonesia
    14/05/2022 - 16:00
  • Syawal sebagai Bulan Silaturrahim
    Syawal sebagai Bulan Silaturrahim
    13/05/2022 - 16:11
  • Gaya Kepemimpinan Gus Dur, Refleksi untuk Pemimpin Masa Kini
    Gaya Kepemimpinan Gus Dur, Refleksi untuk Pemimpin Masa Kini
    12/05/2022 - 17:33
  • Ekstrakurikuler Jurnalistik SMP: Upaya Mengasah Critical Thinking Sejak Dini
    Ekstrakurikuler Jurnalistik SMP: Upaya Mengasah Critical Thinking Sejak Dini
    12/05/2022 - 16:27
  • Catatan Ketua MPR RI: Merawat Momentum Pertumbuhan di Tengah Lonjakan Pertumbuhan Harga Energi
    Catatan Ketua MPR RI: Merawat Momentum Pertumbuhan di Tengah Lonjakan Pertumbuhan Harga Energi
    12/05/2022 - 10:37
  • Korupsi itu Budaya Siapa? Bentuk dan Implikasinya bagi Kehidupan Bernegara
    Korupsi itu Budaya Siapa? Bentuk dan Implikasinya bagi Kehidupan Bernegara
    10/05/2022 - 14:07

KULINER

  • Emil Dardak Penasaran Paru Babat Nggongso Probolinggo
    Emil Dardak Penasaran Paru Babat Nggongso Probolinggo
    16/05/2022 - 19:38
  • Di Banyuwangi Ada Sajian Kuliner Nusantara dalam Nuansa Pulau Santorini Yunani
    Di Banyuwangi Ada Sajian Kuliner Nusantara dalam Nuansa Pulau Santorini Yunani
    16/05/2022 - 17:12
  • Jalakotek Majalengka, Pedas Asin Manis Rasanya‎ Bikin Ngiler
    Jalakotek Majalengka, Pedas Asin Manis Rasanya‎ Bikin Ngiler
    15/05/2022 - 16:35
  • Wow! Londo Kampung Mencoba Jadi Waiter di Srasa Desa Kota Madiun
    Wow! Londo Kampung Mencoba Jadi Waiter di Srasa Desa Kota Madiun
    14/05/2022 - 20:27
  • Nikmati Akhir Pekanmu di 4 Resto di Majalengka yang Lagi Hits
    Nikmati Akhir Pekanmu di 4 Resto di Majalengka yang Lagi Hits
    14/05/2022 - 19:08