Kuliner

Pempek, Makanan Tradisional Palembang Berbahan Ikan

Minggu, 23 Januari 2022 - 04:19 | 128.76k
Satu set kue ikan bersama dengan saus pedasnya yang khas. (Foto: Khodijah Siti/TIMES Indonesia)
Satu set kue ikan bersama dengan saus pedasnya yang khas. (Foto: Khodijah Siti/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPalembang, kota yang terletak di bagian selatan pula Sumatera ini memang memiliki sejuta pesona mulai dari adat hingga makanan. Terdapat salah satu makanan yang sudah sangat dikenal di seluruh penjuru negeri yang berasal dari daerah ini. Makana ini sering disebut sebagai Pempek.

Pempek terbuat dari tepung tapioka dan ikan tenggiri giling. Bentuk dan rasa makanan ini bervariasi dari yang berbentuk bulat polos hingga berbentuk segitiga besar yang diisi dengan telur rebus di dalamnya.

Pempek rasanya gurih dan teksturnya kenyal, seperti bakso goreng hanya sedikit amis. Aroma ikannya yang segar menunjukkan rasa nikmat pempek itu sendiri. Hidangan khas Palembang ini akan disajikan bersama kuah cuko atau cuka.

Rasa asam dari kuah cuka dan manis dari gula jawanya akan membuat hidangan ini sempurna. Rasa pedas dari cabai dipadu dengan irisan segar mentimun membuat kuah cukanya terasa segar segar dimulut.

Penduduk lokal Palembang umumnya akan menyajikan makanan ini saat sarapan. Dahulu, makanan ini merupakan makanan rumahan. Hingga pada thun 1900 an, makanan ini mulai dipopulerkan dan dijajajakan di warung-warung setempat.

Dulunya, pempek menggunakan bahan dasar berupa ikan Belida daripada ikan Tenggiri. Ini disebabkan karena di kota Palembang Ikan Belida sering ditemukan dan sampai saat ini ikan tersebut sudah menjadi langka dan orang-orang sekarang menggunakan ikan Tenggiri sebagai penggantinya.

Pempek menjadi salah satu makanan tradisional yang terkenal di Palembang. Bukan hanya di kota Palembang saja, bahkan daerah lain seperti Pulau jawa juga tertarik membuat pempek versi sendirinya sampai saat ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES