Peristiwa Daerah

Kebun Seni, Media Seniman Blitar Berkarya di Tengah Pandemi

Sabtu, 22 Januari 2022 - 15:53 | 64.23k
Pertunjukan Tari pada acara Kebun Seni di Ngglanuk Spot Desa Jari, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, Jum'at (21/1/2022) kemarin. (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)
Pertunjukan Tari pada acara Kebun Seni di Ngglanuk Spot Desa Jari, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, Jum'at (21/1/2022) kemarin. (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITARKebun Seni menjadi salah satu cara seniman di Blitar, Jawa Timur untuk tetap berkarya di tengah pandemi Covid-19. Mereka terus mengasah dan mengaktualisasikan kemampuan meskipun pandemi masih berlangsung saat ini.

Penggagas, Kebun Seni, Kholam Shiharta mengatakan, Kebun Seni adalah salah satu acara yang digelar oleh Sanggar Rumah Cinta Indonesia.

Kegiatan tersebut sudah digelar sebanyak 2 kali.  Sebelumnya, Kebun Seni digelar pada tahun 2015 diBanaran, Perkebunan Cengkeh Sidorejo Kecamatan Doko Kabupaten Blitar.

"Dan pada hari Jumat, 21 Januari 2022 kemarin adalah acara yang kedua. Yang dilaksanakan di Ngglanuk Spot Desa Jari, Kecamatan Talun, Blitar," urainya, Sabtu (22/1/2022).

Kegiatan Kebun Seni berisi rangkaian acara seni. Mulai Art Performance, Tari, Musik, Teater, Dongeng, Pameran Seni Rupa, Pantomim hingga Bincang Budaya. Dikatakan Kholam, kegiatan kebun seni tersebut dibuka umum dan dapat di saksikan oleh seluruh masyarakat luas.

Pertunjukan Tari bBincang Budaya pada acara Kebun Seni di Ngglanuk Spot Desa Jari, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, Jum'at (21/1/2022) kemarin.

"Kebun seni ini diisi oleh 12 pengisi acara dengan 3 orang pengisi dari luar kota," tambahnya.

Kholam menjelaskan, Kebun Seni dibentuk dengan tujuan bahwa sebagai masyarakat indonesia dan sebagai salah satu makhluk hidup bisa saling menjaga dan mencintai dengan cinta kasih antar sesama. 

"Sehingga harapannya untuk membangkitkan rasa cinta untuk Indonesia," jelasnya.

Sementara itu, Joko Tebon Seniman asal Malang pengisi acara Kebun Seni mengutarakan rasa kagumnya atas terselenggaranya Kebun Seni. Baginya, kegiatan tersebut sangat positif bagi seniman untuk mengekspresikan karya karya seni.

"Bagi saya kegiatan ini sesuatu yang sangat luar biasa.  banyak hal yang memang apa harus dilakukan semacam ini menjadi sebuah sesuatu yang rutin artinya kita bisa berkarya itu ketika ada teman," ujarnya.

Ia berharap, Kebun Seni digelar secara rutin dan lebih banyak melibatkan pengisi acara. Karena, Joko uraikan, berkesenian itu adalah hal positif yang bisa menjadi energi baik. Berkesenian memang seharusnya dilakukan bersama.

Menurutnya seniman adalah jembatan antara yuhan dan masyarakat umum. Yang artinya, seniman yang menerjemahkan pesan-pesan semesta kepada masyarakat.

"Kebun seni ini adalah sebuah ruang seniman di Blitar untuk memberikan pencerahan terhadap masyarakat," tegasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES