Kopi TIMES

Tahun 2022, Persaingan Militer Antar Negara Akan Makin Intens

Sabtu, 22 Januari 2022 - 11:00 | 116.20k
Tahun 2022, Persaingan Militer Antar Negara Akan Makin Intens
Muhammad Raihan Ronodipuro, Master of Law in International Relations dari School of International and Public Affairs, Jilin University, China.
Editor: Ronny Wicaksono

TIMESINDONESIA, JAKARTA – 'Setiap negara bagian mengejar kepentingannya sendiri, betapapun terdefinisinya, dengan cara yang dinilainya paling baik. Kekuatan adalah sarana untuk mencapai tujuan eksternal negara karena tidak ada proses yang konsisten dan andal untuk mendamaikan konflik kepentingan yang tak terhindarkan muncul di antara unit-unit serupa dalam kondisi anarki.' – Kenneth Waltz

Lingkungan keamanan di seluruh dunia mengalami volatilitas dan ketidakpastian yang substansial sebagai akibat dari perkembangan besar dan pandemi, yang keduanya belum pernah dialami dalam satu abad. Mengingat hal ini, negara-negara besar seperti Rusia, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jerman, dan India telah mempercepat reformasi militer mereka sambil berfokus pada sektor-sektor penting. 2022 mungkin menjadi tahun ketika pertandingan militer antara negara-negara besar memanas.

Persaingan militer antara kekuatan-kekuatan besar pertama-tama dan terutama merupakan pertempuran untuk dominasi strategis, dan peran senjata nuklir dalam mengubah posisi strategis sudah terbukti dengan sendirinya. Pada tahun 2022, perlombaan senjata nuklir akan tetap menjadi pusat persaingan militer antara Rusia, Amerika Serikat, dan negara-negara besar lainnya, sementara senjata hipersonik akan menjadi fokus persaingan teknologi militer di antara negara-negara besar.

Persaingan senjata nuklir antar negara besar saat ini akan lebih difokuskan pada peningkatan teknologi kualitas senjata. Pada tahun 2022, Amerika Serikat akan menginvestasikan USD 27,8 miliar dalam pengembangan senjata nuklir. Ini bermaksud untuk membeli kapal selam bertenaga nuklir strategis kelas Columbia dan meningkatkan komando, kontrol, dan sistem komunikasi nuklir, serta sistem peringatan dini.

Satu kapal selam bertenaga nuklir Borei-A, dua pembom strategis Tu-160M, dan 21 set sistem rudal balistik baru akan dipesan oleh Rusia. Dan persenjataan nuklir strategisnya diperkirakan akan dimodernisasi dengan kecepatan lebih dari 90 persen. Tahun ini, Inggris dan Prancis akan meningkatkan persenjataan nuklir mereka. Mereka bercita-cita untuk meningkatkan kekuatan nuklir mereka dengan membangun kapal selam bertenaga nuklir strategis baru, meningkatkan jumlah hulu ledak nuklir, dan menguji rudal balistik baru.

Rusia akan menugaskan rudal jelajah hipersonik berbasis laut Zirkon tahun ini dan terus mengembangkan rudal hipersonik baru sebagai pemimpin dalam teknologi senjata hipersonik. Untuk mengejar ketinggalan dengan Rusia, AS akan menginvestasikan USD 3,8 miliar tahun ini dalam pengembangan senjata hipersonik. Senjata hipersonik juga sedang diteliti dan dikembangkan di Prancis, Inggris, dan Jepang.

Bertahan dari perang kontemporer adalah landasan persaingan militer antara negara-negara besar, dan mempertahankan senjata dan peralatan konvensional adalah syarat yang diperlukan untuk kemenangan. Pada tahun 2022, negara-negara besar termasuk Rusia dan Amerika Serikat akan mempercepat peningkatan peralatan perang utama.

Amerika Serikat akan berkonsentrasi pada peningkatan persenjataan dan peralatan Angkatan Laut dan Angkatan Udara. Sesuai rencana, Angkatan Laut AS akan mempercepat upgrade dan commissioning senjata dan peralatan seperti kapal induk kelas Ford, kapal selam bertenaga nuklir kelas Virginia, dan jet tempur F-15EX, serta mengembangkan kapal laut dan udara kelas atas. sistem peralatan yang mencakup platform kapal induk baru dan jet tempur generasi kelima.

Perbaikan peralatan militer Rusia sedang berjalan lancar, dengan tentara menerima tambahan tank T-14, angkatan laut menerima 16 kapal besar, dan angkatan kedirgantaraan dan angkatan laut menerima lebih dari 200 pesawat baru atau lebih baik. Pengoperasian generasi baru kendaraan lapis baja Boxer di Inggris akan dipercepat. India akan terus mendorong penyebaran kapal induk buatan dalam negeri pertamanya dalam pertempuran. Jepang juga akan terus membeli jet tempur F-35B dan meningkatkan Izumo, sebuah kapal induk kuasi.

Tujuan militer AS tahun ini dalam domain spektrum elektromagnetik adalah untuk mendorong program perang elektronik Project Kaiju Angkatan Udara dan program jammer low band (NGJ-LB) generasi berikutnya dari Angkatan Laut, serta meningkatkan proses peperangan elektronik dengan lebih baik melalui latihan. Pole-21, Krasukha, dan sistem peperangan elektronik baru lainnya akan dikirim ke Rusia untuk meningkatkan otomatisasi sistem peperangan elektronik. Sistem peperangan elektronik kapal perusak Tipe 45, serta fregat Tipe 26 dan Tipe 31, akan ditingkatkan oleh Inggris. Untuk membangun kekuatan tempur, Pasukan Bela Diri Jepang akan terus mengembangkan '301st Electronic Warfare Company' yang baru dibentuk.

Di seluruh dunia, siklus baru pergolakan ilmiah, teknis, dan militer semakin menarik, dan konflik dengan cepat bergeser ke bentuk yang lebih cerdas. Rusia, Amerika Serikat, dan negara-negara besar lainnya telah meningkatkan investasi mereka dalam penelitian ilmiah untuk memenangkan pertempuran di masa depan, dengan konsentrasi pada teknologi cerdas, peralatan tak berawak, dan taktik terkoordinasi manusia-mesin.

Tahun ini, militer AS bermaksud untuk menghabiskan USD 874 juta untuk penelitian dan pengembangan guna meningkatkan penggunaan teknologi cerdas di domain seperti informasi, komando dan kontrol, logistik, pertahanan jaringan, dan lainnya. Lebih dari 150 proyek Artificial Intelligence (AI) saat ini sedang dikembangkan di Rusia.

Tahun ini, ia akan berkonsentrasi pada adaptasi perangkat lunak cerdas untuk berbagai platform senjata guna meningkatkan efektivitas tempur. Prancis, Inggris Raya, India, dan negara-negara lain juga telah meningkatkan penelitian AI mereka dan berusaha menggunakannya secara luas di berbagai bidang seperti pengintaian intelijen, pengambilan keputusan tambahan, dan keamanan jaringan.

Dalam lingkup operasi terkoordinasi manusia, Amerika Serikat adalah yang pertama untuk menyelidiki dan memiliki keunggulan yang berbeda. AS bermaksud untuk melakukan uji tempur pertama pasukan lapis baja tak berawak, menyelidiki cara-cara jet tempur generasi kelima untuk berkoordinasi dengan pesawat pengintai tak berawak dan kawanan drone, dan mempromosikan kapal perang berawak dan tak berawak yang bekerja sama dalam pengintaian, anti-kapal selam, dan misi penyapu ranjau.

Rusia juga akan bekerja untuk mengintegrasikan peralatan tak berawak ke dalam sistem tempur berawak secepat mungkin, sementara juga mempromosikan pengembangan metodis drone dan kendaraan tak berawak. Selanjutnya, Prancis dan Inggris secara aktif menyelidiki teknik terkoordinasi manusia-mesin dalam operasi militer, seperti daerah perkotaan besar.

***

*) Oleh: Muhammad Raihan Ronodipuro, Master of Law in International Relations dari School of International and Public Affairs, Jilin University, China. Dia adalah seorang analis riset dengan fokus pada masalah Hubungan China-Indonesia dan Asia-Pasifik. Dia menjabat sebagai Associate Researcher di Department of Politics and Security di Center for Indonesia-China Studies (CICS).

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

**) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: opini@timesindonesia.co.id

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Rizal Dani

EKORAN

TERBARU

  • Menikmati Suasana Kupatan Ala Ijen Suites Resort & Convention Malang
    Menikmati Suasana Kupatan Ala Ijen Suites Resort & Convention Malang
    18/05/2022 - 01:33
  • Mendagri Surati Gubernur Malut, Persiapkan Pelantikan Pj Bupati Pulau Morotai
    Mendagri Surati Gubernur Malut, Persiapkan Pelantikan Pj Bupati Pulau Morotai
    17/05/2022 - 23:26
  • Ridwan Kamil: PPDB di Jabar Makin Adil dan Andal
    Ridwan Kamil: PPDB di Jabar Makin Adil dan Andal
    17/05/2022 - 23:19
  • Kemenparekraf Glontorkan Dana 4,5 untuk Poltekpar Sragen
    Kemenparekraf Glontorkan Dana 4,5 untuk Poltekpar Sragen
    17/05/2022 - 22:56
  • Lagi, Neraca Perdagangan Tembus Rekor, Menko Perekonomian RI: Ekonomi Kian Tangguh
    Lagi, Neraca Perdagangan Tembus Rekor, Menko Perekonomian RI: Ekonomi Kian Tangguh
    17/05/2022 - 22:49

TIMES TV

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

10/11/2021 - 09:39

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Profesi Jurnalis Sangat Penting Bagi Kaum Perempuan
    Profesi Jurnalis Sangat Penting Bagi Kaum Perempuan
    17/05/2022 - 09:17
  • Islam Untuk Kemanusiaan dan Kedamaian Dunia
    Islam Untuk Kemanusiaan dan Kedamaian Dunia
    16/05/2022 - 06:28
  • Di Balik Substansi dan Eksistensi Partai Mahasiswa Indonesia
    Di Balik Substansi dan Eksistensi Partai Mahasiswa Indonesia
    14/05/2022 - 16:00
  • Syawal sebagai Bulan Silaturrahim
    Syawal sebagai Bulan Silaturrahim
    13/05/2022 - 16:11
  • Gaya Kepemimpinan Gus Dur, Refleksi untuk Pemimpin Masa Kini
    Gaya Kepemimpinan Gus Dur, Refleksi untuk Pemimpin Masa Kini
    12/05/2022 - 17:33
  • Ekstrakurikuler Jurnalistik SMP: Upaya Mengasah Critical Thinking Sejak Dini
    Ekstrakurikuler Jurnalistik SMP: Upaya Mengasah Critical Thinking Sejak Dini
    12/05/2022 - 16:27
  • Catatan Ketua MPR RI: Merawat Momentum Pertumbuhan di Tengah Lonjakan Pertumbuhan Harga Energi
    Catatan Ketua MPR RI: Merawat Momentum Pertumbuhan di Tengah Lonjakan Pertumbuhan Harga Energi
    12/05/2022 - 10:37
  • Korupsi itu Budaya Siapa? Bentuk dan Implikasinya bagi Kehidupan Bernegara
    Korupsi itu Budaya Siapa? Bentuk dan Implikasinya bagi Kehidupan Bernegara
    10/05/2022 - 14:07

KULINER

  • Menikmati Suasana Kupatan Ala Ijen Suites Resort & Convention Malang
    Menikmati Suasana Kupatan Ala Ijen Suites Resort & Convention Malang
    18/05/2022 - 01:33
  • Emil Dardak Penasaran Paru Babat Nggongso Probolinggo
    Emil Dardak Penasaran Paru Babat Nggongso Probolinggo
    16/05/2022 - 19:38
  • Di Banyuwangi Ada Sajian Kuliner Nusantara dalam Nuansa Pulau Santorini Yunani
    Di Banyuwangi Ada Sajian Kuliner Nusantara dalam Nuansa Pulau Santorini Yunani
    16/05/2022 - 17:12
  • Jalakotek Majalengka, Pedas Asin Manis Rasanya‎ Bikin Ngiler
    Jalakotek Majalengka, Pedas Asin Manis Rasanya‎ Bikin Ngiler
    15/05/2022 - 16:35
  • Wow! Londo Kampung Mencoba Jadi Waiter di Srasa Desa Kota Madiun
    Wow! Londo Kampung Mencoba Jadi Waiter di Srasa Desa Kota Madiun
    14/05/2022 - 20:27