Peristiwa Daerah

Cuaca Ekstrem, BPBD Pacitan Minta Masyarakat Waspadai Potensi Bencana

Jumat, 21 Januari 2022 - 18:02 | 77.88k
Cuaca ekstrem berdampak bencana alam di wilayah pegunungan Kabupaten Pacitan. (Foto: BPBD Pacitan For TIMES Indonesia)
Cuaca ekstrem berdampak bencana alam di wilayah pegunungan Kabupaten Pacitan. (Foto: BPBD Pacitan For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Menghadapi cuaca yang ekstrem, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pacitan (BPBD Pacitan) meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana. 

Hal ini diungkapkan Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Pacitan, Erwin Andriatmoko perihal kondisi cuaca yang tidak menentu selama 3 hari ke depan. 

"Ya, memang selama 3 hari ke depan, Pacitan diprediksi hujan yang bisa sewaktu-waktu terjadi dengan intensitas mulai ringan, sedang hingga tinggi," katanya, Jumat (21/01/2022). 

Selama-tiga-hari-ke-depan-masyarakat-Pacitan-diminta-waspada-potensi-bencana-longsor.jpg

Selama tiga hari ke depan, masyarakat Pacitan diminta waspada potensi bencana longsor. (FOTO: BPBD Pacitan For TIMES Indonesia)

Menyikapi adanya potensi bencana, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pemangku wilayah Kecamatan di Kabupaten Pacitan lebih intensif. 

"Intinya kami BPBD selalu berkoordinasi dengan pemangku wilayah secara intensif. Karena kita tahu bahwa Pacitan rata-rata memang rawan bencana alam seperti tanah longsor, pohon tumbang dan banjir," jelasnya kepada TIMES Indonesia. 

Lebih lanjut, dirinya juga mengimbau kepada masyarakat yang berada di daerah pegunungan agar lebih waspada terhadap intensitas hujan. 

Tanah-longsor-yang-menutup-akses-jalan-Arjosari-Nawangan-kerap-terjadi.jpg

Tanah longsor yang menutup akses jalan Arjosari-Nawangan kerap terjadi. (FOTO: BPBD Pacitan For TIMES Indonesia) 

"Apabila terjadi hujan lebat lebih dari dua jam, kami berharap masyarakat yang berada di daerah lereng pegunungan agar lebih waspada dengan melakukan evakuasi mandiri. Kami juga tetap siaga 24 jam," tutur Kalaksa BPBD Pacitan, Erwin Andriatmoko. 

Selain itu, BPBD Pacitan telah menyiagakan alat berat untuk evakuasi beberapa wilayah terdampak tanah longsor.  "Untuk beberapa daerah yang terdampak longsor, kami sudah berkomunikasi dengan OPD terkait seperti PUPR dan BPBD Provinsi Jatim terkait alat berat supaya selalu siaga," terangnya. 

Perlu diketahui, selama tiga hari ke depan BMKG Jawa Timur telah memberikan peringatan dini terhadap hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat di sejumlah wilayah, termasuk Kabupaten Pacitan yang berpotensi banjir level sedang. BPBD Pacitan pun mengingatkan akan potensi bencana. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES