Peristiwa Daerah

Gaji Panitia Pilkades Serentak di Probolinggo Akhirnya Mulai Dicairkan

Jumat, 21 Januari 2022 - 13:26 | 147.75k
Kegiatan salah satu panlih desa di Kabupaten Probolinggo. (Foto: Dokumen/TIMES Indonesia)
Kegiatan salah satu panlih desa di Kabupaten Probolinggo. (Foto: Dokumen/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Setelah tiga bulan bekerja, akhirnya gaji panitia pemilihan (panlih) dalam pelaksanaan Pilkades serentak 250 desa di Kabupaten Probolinggo, mulai dicairkan. Beberapa desa sudah menerima dana tersebut.

Kasi Pembinaan Aparatur Pemerintah Desa, pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Probolinggo, Mohammad Idris menyampaikan, pencairan gaji panlih tersebut sudah mulai ditransfer ke rekening desa. Sejauh ini sudah ada 30 desa yang menerima dana tersebut.

Pencairan tersebut akan terus dilakukan secara bertahap pada seluruh desa yang menyelenggarakan pilkades. Namun, sebelum melakukan pencairan, secara administratif, pemerintah desa perlu untuk menyelesaikan APBDes terlebih dahulu.

Jika APBDes itu sudah selesai dikerjakan, pihaknya akan segera membantu untuk melakukan pencairan gaji tersebut. "Syaratnya harus APBDes itu diselesaikan," paparnya, Jumat (21/1/2022).

Ditarget pencairan tersebut dapat segera diselesaikan hingga akhir bulan ini. Oleh karenanya, seluruh pemerintah desa diminta untuk segera menyelesaikan APBDes dan menyerahkan pada pihaknya.

Ia menambahkan, dana yang dicairkan pada masing-masing rekening kas desa tersebut, tidak hanya gaji panlih saja, melainkan dana untuk penyelenggaraan pilkades di desa tersebut. Setiap desa memiliki angka yang berbeda.

Besaran anggaran yang akan ditransfer ke rekening tersebut, tergantung dengan jumlah TPS, dan DPT yang ada di masing-masing desa. Sehingga setiap desa memiliki anggaran yang berbeda satu sama lain.

"Seperti pembuatan surat suara, TPS dan sebagainya. Termasuk gaji panlih kami tranfer jadi satu," ungkapnya. 

Diberitakan sebelumnya, banyak Panlih yang mengerutkan dahi lantaran tak terima gaji. Sebab mereka telah sekian bulan bekerja. Sementara pelaksanaan Pilkades serentak 250 desa di Kabupaten Probolinggo akan segera digelar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES