Indonesia Positif

Bupati Tegal Targetkan Vaksinasi Anak Selesai dalam 10 Hari

Jumat, 21 Januari 2022 - 13:03 | 49.58k
Bupati Umi Azizah secara resmi mencanangkan pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Tegal. (Foto: Humas Pemkab Tegal For Times Indonesia)
Bupati Umi Azizah secara resmi mencanangkan pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Tegal. (Foto: Humas Pemkab Tegal For Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, TEGALBupati Tegal Umi Azizah menargetkan vaksinasi dosis pertama pada ana usia 6-11 tahun di Kabupaten Tegal akan selesai 10 hari kedepan.

Hal tersebut disampaikannya saat melakukan pencanangan vaksinasi anak di SDN Kabunan 01, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah pada Kamis (20/1/2022).

“Tahap pertama ini kita targetkan untuk 112 ribu anak dengan usia 6-11 tahun. Jumlah tersebut sesuai dengan alokasi dosis vaksin Covid-19 Sinovac yang kita terima dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Kita akan intensifkan pelaksanaannya supaya dalam 10 hari ke depan rampung,” tegasnya melalui pernyataan Humas Pemkab Tegal, Jumat (21/1/2022).

Orang nomor satu di Kabupaten Tegal itu menyebut, capaian vaksinasi dosis satu di Kabupaten Tegal telah menyentuh angka 69,53 persen, artinya kurang 0,47 persen lagi untuk mencapai target 70 persen. Untuk itu, bupati meminta Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal untuk segera mengejar kekurangan yang ada.

“Kita harus terus bergerak lebih cepat untuk mencapai target. Sistem jemput bola harus kembali digalakan agar cakupan vaksinasi 70 persen ini bisa tercapai minggu ini. Syukur-syukur bisa lebih,” katanya.

Bupati Tegal 1

Melalui vaksinasi anak ini, orang nomor satu di Kabupaten Tegal tersebut berharap anak-anak di Kabupaten Tegal lebih sehat dan pembelajaran tatap muka penuh segera bisa dilaksanakan tanpa pola shifting. Menurutnya, vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu bentuk pencegahan penularan Covid-19, sekaligus upaya untuk senantiasa hidup sehat.

“Saya berpesan kepada anak-anak untuk senantiasa mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan, di manapun dan kapan pun. Tetap memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi bepergian dan menghindari kerumunan,” pesannya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Ruszaeni menuturkan bahwa pihaknya menargetkan jumlah vaksinasi anak di Kabupaten Tegal sebanyak 156.130 anak. Akan tetapi, proses pelaksanaan vaksinasi anak ini akan dilakukan secara bertahap.

“Tahap pertama kita akan selesaikan untuk 112 ribu anak dulu. Di hari pertama pencanangan ini akan kita mulai di seluruh SD maupun madrasah ibtidaiyah di Kecamatan Dukuhwaru,” ujarnya.

Ruszaeni berharap kepada orang tua atau wali murid dapat mengizinkan anaknya untuk divaksin. Hal ini bertujuan untuk mencegah timbulnya sakit berat atau bahkan kematian pada anak jika terinfeksi Covid-19, disamping mencegah penularan pada anggota keluarga atau saudara yang belum divaksin.

Lebih lanjut Ruszaeni menjelaskan program vaksinasi pada anak ini juga bertujuan mendukung proses pembelajaran tatap muka yang aman dengan meminimalkan potensi kasus penularan di lingkungan sekolah karena herd immunity yang berhasil terbentuk. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES