Peristiwa Daerah

Kota Cirebon Bakal Jadi Tuan Rumah Porprov, DPRD Ingatkan Dispora Soal Kesiapan Anggaran

Kamis, 20 Januari 2022 - 21:40 | 46.16k
Rapat bersama Komisi III dan Dispora Kota Cirebon. (Foto: Humas DPRD Kota Cirebon)
Rapat bersama Komisi III dan Dispora Kota Cirebon. (Foto: Humas DPRD Kota Cirebon)

TIMESINDONESIA, CIREBON – November 2022 mendatang, Kota Cirebon bakal menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat XIV. Namun untuk kepastian tersebut masih menunggu keputusan dari Gubernur Jawa Barat. 

Rencananya, Kota Cirebon menjadi satu dari tiga daerah penyelenggara Porprov Jawa Barat XIV. Untuk mengetahui kesiapan dari Pemerintah Kota Cirebon, Komisi III DPRD mengundang Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) untuk membahas kesiapan secara keseluruhan. 

Ketua Komisi III DPRD Kota Cirebon, dr Tresnawaty menjelaskan, rapat kerja bersama Dispora tersebut, membahas kesiapan anggaran dan kesiapan kontingen yang akan diikutsertakan pada gelaran olahraga terbesar di Jawa Barat tersebut.

Menurutnya, di tengah situasi pandemi seperti ini, menjadi tuan rumah penyelenggara Porprov 2022 tidak menguntungkan Kota Cirebon secara anggaran. Sebab, Pemprov menganjurkan pembiayaan bersama untuk penyelenggaraan Porprov, dengan proporsi 80 persen dari penyelenggara dan 20 persen dari pemprov.

“Porprov 2022 ini akan dilaksanakan November, dengan catatan pendapatan daerah meningkat dan angka kasus Covid-19 turun. Kota Cirebon mau jadi tuan rumah agak berat sih, kalau harus 20 persen pemprov dan 80 pemda. Karena ini kan hajatnya pemprov,” ujar Tresna usai rapat di ruang serba guna gedung DPRD, Kamis (20/1/2022).

Hal Senada disampaikan Anggota Komisi III, Andi Riyanto. Dikatakannya, di masa pandemi ini tidak menguntungkan untuk menyelenggarakan kegiatan olahraga. Kota Cirebon ditunjuk sebagai tuan rumah, akan tetapi tidak diuntungkan secara anggaran.

Dia mengingatkan, keterlibatan Kota Cirebon sebagai tuan rumah jangan sampai membebani APBD yang berimplikasi pada kebutuhan dasar masyarakat. Seperti anggaran kesehatan dan pendidikan.

“Jangan sampai ini hajatnya pemprov, tapi segala pembiayaan dan penyediaan dukungan sistem pelaksanaan diserahkan ke pemerintah daerah semua,” tutur pria yang juga wakil ketua KONI Kota Cirebon tersebut.

Sementara itu, Kepala Dispora Kota Cirebon, Drs Sutikno mengatakan, terkait persiapan Porprov pada November 2022 akan dilaksanakan dengan catatan kondisi pendapat pemprov dan Pemda Kota Cirebon meningkat, dan laju Covid-19 turun.

Pemkot Cirebon juga masih menunggu revisi SK gubernur tentang daerah yang ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara Porprov XIV. Sutikno mengatakan, SK gubernur pada 2019 menunjuk tiga daerah sebagai tuan rumah. Yaitu, Kabupaten Bandung Barat, Subang, dan Tasikmalaya.

“Dalam perjalanannya, awal pandemi 2020, Tasikmalaya mundur karena tidak siap menjadi tuan rumah. SK ini sedang direvisi gubernur. Provinsi juga belum menganggarkan untuk porprov. Anggaran itu dilakukan pada APBD perubahan,” tandasnya.  (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES