Kopi TIMES

Lombok FC, Asa Baru Sepak Bola NTB

Jumat, 21 Januari 2022 - 00:27 | 135.22k
Lombok FC, Asa Baru Sepak Bola NTB
Arifudin Bima.
Editor: Faizal R Arief

TIMESINDONESIA, MATARAM – "Kehadiran Lombok FC bukan hanya akan membawa kemajuan buat persepakbolaan NTB, tapi juga perputaran roda ekonomi, seiring dengan kiprah Lombok FC, bila mampu ambil bagian dalam industri sepak bola Nasional."

Sejak pertama kali dirilis, Lombok Football Club (Lombok FC) memang mematok target yang tinggi, menjadi klub modern dan profesional, yang diharapkan dapat mewakili NTB di level Nasional.

Sebagai daerah yang punya potensi atau stok pemain muda berbakat, hambar rasanya kalau kemudian, NTB tidak memiliki klub sepak bola yang membanggakan.

Itulah yang kemudian turut menjadi alasan kuat, kenapa Rannya Agustyra Kristiono, putri pak HBK, pemilik dan juru bicara klub, untuk mendirikan Lombok FC. 

Selain klub sepakbola, Rannya juga berniat membangun sarana-sarana pendukung lainnya seperti Studio, Akademi dan home stay, Merchendise store, Caffe yang bisa membantu membuka lapangan kerja buat masyarakat.

Sebuah obsesi yang wajar, mengingat selain menjadi gudang pemain berbakat, DNA orang NTB bahkan terbukti telah ada di level sepakbola Nasional, bahkan dunia. Soal ini, terlalu panjang daftar para pemain berdarah NTB kelas Nasional, jika ingin disebutkan satu per-satu disini.

NTB bisa jadi adalah satu-satunya daerah, atau Provinsi di Indonesia, yang diaspora atau keturunannya menjadi pemain sepak bola paling banyak tersebar di berbagai klub di tanah air hingga Eropa. Tapi masih menjadi sesuatu yang ironis, bila menyaksikan posisi NTB dalam peta persepakbolaan nasional sekarang.

Dari pelosok-pelosok, dari desa-desa, dan dari kampung-kampung di setiap Kabupaten/Kota yang ada di NTB, tak habis-habisnya melahirkan pesepakbola handal. Memang sesuatu yang unik, karena rata-rata tim sepakbola di NTB lebih berbasis kepada sepakbola-sepakbola kampung, atau yang lebih dikenal Tarkam-tarkam.

NTB juga punya modal fanatisme dan antusiasme penonton atau suporter yang sangat tinggi. 

Di Lombok FC, grup supporter ini dikenal dengan nama Barisan Batur Lombok (BABALO). Dalam beberapa pertandingan Lombok FC di Stadion Mataram, ratusan Babalo ini selalu hadir, meski Lombok FC banyak dipersepsikan sebagai klub yang baru lahir atau masih bayi.

Realitas ini menggambarkan kalau NTB memiliki dua hal utama dan penting dalam tradisi sepak bolanya. 

Pertama, potensi pemain-pemain berbakatnya, itu ditunjukan dengan banyaknya pemain asal NTB yang tersebar di banyak klub. Kedua, dukungan publik dan fanatisme suporter sepakbolanya yang kuat dan beragam.

Namun semua potensi yang dimiliki NTB ini, faktanya, tak berbanding lurus dengan kemauan yang kuat dari tokoh-tokoh, elit-elit, serta para stakeholder sepakbola NTB. Ukurannya sangat sederhana, yaitu hingga kini, belum ada stadion atau lapangan sepakbola yang representatif dan membanggakan bagi para pelaku dan para pecinta sepakbola NTB.

Harus jujur diakui, sepakbola belum ada dalam orientasi pembangunan, prioritas program, karena belum dilihat sebagai potensi yang besar. 

Stadion Mataram misalnya, kondisinya masih jauh dari memadai. Dalam sejumlah pertandingan yang diadakan, terlihat bola kerap salah memantul ke kaki, arahnya tidak akurat, akibat rumput dan permukaan lapangan yang tidak rata, bergelombang, dan beresiko timbulnya cedera pada pemain.

Belum lagi ruang ganti pemain yang kondisinya sudah tidak layak, serta lingkungan stadion yang suka tidak suka, harus diakui kondisinya tak terurus, dan ini menjadi parameter bahwa sepakbola NTB belum menjadi prioritas, hingga tak maju-maju.

Padahal, kata Rannya dalam perbincangannya dengan penulis, kalau mau dilihat dengan lebih jernih, sepakbola NTB sejatinya bukan hanya urusan olahraga semata-mata, tapi juga dapat berkontribusi pada makin kuatnya ikatan sosial, ikatan emosional, dan ikatan bathin yang dapat membawa angin segar bagi terbangunnya perdamaian dan kesejukan di NTB. Sepakbola sesungguhnya, kembali menurut Rannya, bisa menjadi modal sosial yang kokoh dan bisa menguatkan.

Bertemu dan berbincang hangat dengan Rannya di rumahnya yang asri di daerah Senggigi, Kab. Lombok Barat, sungguh menyenangkan. Orangnya sangat terbuka dan enak diajak diskusi, banyak mewarisi sifat dan karakter ayahnya, pak HBK.

Rannya mengatakan, kedepan bila LFC bisa bermain di Liga II atau Liga I Nasional, pasti akan menjadi klub kebanggaan dan kecintaan masyarakat NTB.

Sekarang ini, Lombok FC tengah melakukan perekrutan dan seleksi pemain dari seluruh wilayah NTB, baik Lombok maupun Sumbawa untuk persiapan menghadapi pertandingan Liga III NTB, yang akan digelar pada bulan Agustus yang akan datang.

Sampai dengan hari pendaftaran ditutup, lebih dari tujuh ratus pesepakbola NTB yang ikut mendaftar dan melakukan seleksi di Lombok FC.

Tentu saja supporter Lombok FC yang berasal dari berbagai daerah, berbagai etnis, akan berbondong-bondong ke stadion tempat pertandingan Lombok FC, menyatu dalam harmoni dan emosi yang sama, manakala kelak Lombok FC turun bertanding.

Apalagi bila kemudian, Lombok FC berhasil memenangkan pertandingan, melanjutkan kiprahnya ke Liga III Nasional, dan berhasil masuk 8 besar Liga II, diprediksi bakal ada pawai atau arak-arakan yang panjang, dan euforia bersama di NTB. Seperti yang dapat kita saksikan kala tim-tim Liga Nasional berhasil menggondol trofi juara.

Multiplier effectnya bagi masyarakat NTB, tentu saja bukan hanya sepakbola yang akan maju, tapi perputaran ekonomipun akan tercipta semakin baik, seiring dengan klub sepakbola NTB yang dapat ikut ambil bagian untuk tampil di level nasional.

Kita harus sama-sama memberikan dorongan kepada Lombok FC dengan mengizinkan pemain-pemain terbaik NTB bergabung di skuadnya. Dukungan penuh masyarakat NTB kepada Lombok FC, akan memberikan kegairahan kepada klub ini untuk tampil menjadi salah satu pelaku industri sepakbola tanah air. Lebih penting lagi dari semua itu, sebagai daerah yang pernah berkonflik, menyatunya dukungan suporter dari berbagai kalangan di NTB, akan memperkuat kohesi sosial dan persatuan anak negeri.

Sungguh sepakbola sangat bisa menjadi alat pemersatu.

Semua ini sejatinya dapat menjadi modal sosial dan momentum penting yang dapat menyadarkan kita semua, bahwa NTB punya potensi sepakbola yang sangat besar, dan sudah saatnya dikelola dengan benar.

Hal yang telah ditunjukkan Lombok FC, dimana segera setelah gelaran Liga III NTB selesai dilaksanakan, kemudian Lombok FC bangkit berbenah dengan merekrut, menyeleksi, dan memusat-latihankan (TC) pemain-pemainnya.

Rannya menyampaikan bahwa TC atau pemusatan latihan akan berlangsung selama enam bulan, dan semua pemain diasramakan.

Yang akan bertindak sebagai pelatih kepala Lombok FC kedepan adalah Coach Jessy Mustamu, pelatih bersertifikat A AFC, yang juga pernah menjadi pemain nasional.

Saat ini Lombok FC, diusianya yang masih sangat muda, telah menjadi sebuah asa atau harapan baru. Tentu ini adalah langkah awal, dari jalan yang masih panjang, yang harus diperjuangkan klub. Dukungan dari berbagai pihak, baik moril maupun materil, sangat dibutuhkan.

Ke depan, jika asa Lombok FC ini bisa terus terjaga secara profesional, bukan tak mungkin klub ini akan terus melaju, berkembang pesat, dan menjadi kebanggaan serta kecintaan masyarakat NTB yang berhasil berkiprah di tingkat Nasional. Dan bukan tak mungkin pula, karena itu, nantinya satu stadion bertaraf internasional bisa dibangun di NTB sebagai home base tim-tim profesional seperti Lombok FC.

Melihat visi, spirit, dan kekuatan niat Rannya, anak perempuan millenial yang lama tinggal di negeri sepakbola, banyak bergaul dan berinteraksi dengan para pemain sepakbola negara maju, untuk menjadikan Lombok FC menjadi klub sepakbola modern dan profesional, harusnya bisa. Artinya NTB juga bisa !

***

* Oleh : Arifudin Bima.

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

**) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: opini@timesindonesia.co.id

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

EKORAN

TERBARU

  • Mendagri Surati Gubernur Malut, Persiapkan Pelantikan Pj Bupati Pulau Morotai
    Mendagri Surati Gubernur Malut, Persiapkan Pelantikan Pj Bupati Pulau Morotai
    17/05/2022 - 23:26
  • Ridwan Kamil: PPDB di Jabar Makin Adil dan Andal
    Ridwan Kamil: PPDB di Jabar Makin Adil dan Andal
    17/05/2022 - 23:19
  • Kemenparekraf Glontorkan Dana 4,5 untuk Poltekpar Sragen
    Kemenparekraf Glontorkan Dana 4,5 untuk Poltekpar Sragen
    17/05/2022 - 22:56
  • Lagi, Neraca Perdagangan Tembus Rekor, Menko Perekonomian RI: Ekonomi Kian Tangguh
    Lagi, Neraca Perdagangan Tembus Rekor, Menko Perekonomian RI: Ekonomi Kian Tangguh
    17/05/2022 - 22:49
  • Warga Keluhkan Balai Desa di Blora Kerap Tutup saat Jam Kerja
    Warga Keluhkan Balai Desa di Blora Kerap Tutup saat Jam Kerja
    17/05/2022 - 22:43

TIMES TV

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

10/11/2021 - 09:39

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Profesi Jurnalis Sangat Penting Bagi Kaum Perempuan
    Profesi Jurnalis Sangat Penting Bagi Kaum Perempuan
    17/05/2022 - 09:17
  • Islam Untuk Kemanusiaan dan Kedamaian Dunia
    Islam Untuk Kemanusiaan dan Kedamaian Dunia
    16/05/2022 - 06:28
  • Di Balik Substansi dan Eksistensi Partai Mahasiswa Indonesia
    Di Balik Substansi dan Eksistensi Partai Mahasiswa Indonesia
    14/05/2022 - 16:00
  • Syawal sebagai Bulan Silaturrahim
    Syawal sebagai Bulan Silaturrahim
    13/05/2022 - 16:11
  • Gaya Kepemimpinan Gus Dur, Refleksi untuk Pemimpin Masa Kini
    Gaya Kepemimpinan Gus Dur, Refleksi untuk Pemimpin Masa Kini
    12/05/2022 - 17:33
  • Ekstrakurikuler Jurnalistik SMP: Upaya Mengasah Critical Thinking Sejak Dini
    Ekstrakurikuler Jurnalistik SMP: Upaya Mengasah Critical Thinking Sejak Dini
    12/05/2022 - 16:27
  • Catatan Ketua MPR RI: Merawat Momentum Pertumbuhan di Tengah Lonjakan Pertumbuhan Harga Energi
    Catatan Ketua MPR RI: Merawat Momentum Pertumbuhan di Tengah Lonjakan Pertumbuhan Harga Energi
    12/05/2022 - 10:37
  • Korupsi itu Budaya Siapa? Bentuk dan Implikasinya bagi Kehidupan Bernegara
    Korupsi itu Budaya Siapa? Bentuk dan Implikasinya bagi Kehidupan Bernegara
    10/05/2022 - 14:07

KULINER

  • Emil Dardak Penasaran Paru Babat Nggongso Probolinggo
    Emil Dardak Penasaran Paru Babat Nggongso Probolinggo
    16/05/2022 - 19:38
  • Di Banyuwangi Ada Sajian Kuliner Nusantara dalam Nuansa Pulau Santorini Yunani
    Di Banyuwangi Ada Sajian Kuliner Nusantara dalam Nuansa Pulau Santorini Yunani
    16/05/2022 - 17:12
  • Jalakotek Majalengka, Pedas Asin Manis Rasanya‎ Bikin Ngiler
    Jalakotek Majalengka, Pedas Asin Manis Rasanya‎ Bikin Ngiler
    15/05/2022 - 16:35
  • Wow! Londo Kampung Mencoba Jadi Waiter di Srasa Desa Kota Madiun
    Wow! Londo Kampung Mencoba Jadi Waiter di Srasa Desa Kota Madiun
    14/05/2022 - 20:27
  • Nikmati Akhir Pekanmu di 4 Resto di Majalengka yang Lagi Hits
    Nikmati Akhir Pekanmu di 4 Resto di Majalengka yang Lagi Hits
    14/05/2022 - 19:08