Peristiwa Daerah

Saldo Rekening Korban Banjir Bandang Batu Masih Rp 648 Juta

Rabu, 19 Januari 2022 - 16:50 | 42.66k
Pembangunan rumah korban terdampak banjir sudah dilakukan dengan memanfaatkan anggaran yang tersimpan dalam rekening korban banjir bandang. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Pembangunan rumah korban terdampak banjir sudah dilakukan dengan memanfaatkan anggaran yang tersimpan dalam rekening korban banjir bandang. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Saldo rekening korban banjir bandang di Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu sampai saat ini masih tersimpan Rp 648 juta. Satgas Tanggap Darurat Bencana Banjir Bandang Bulukerto akan mempergunakan dana ini untuk tiga keperluan.

Yakni memberikan bantuan kepada kelompok  tani, membantu pembayaran tukang untuk pembangunan rumah terdampak serta membayar sewa sarana prasarana posko bencana.

Pembangunan-rumah-korban-terdampak-banjir-sudah-dilakukan-dengan-memanfaatkan-anggaran-2.jpg

Rinciannya, untuk bantuan kelompok tani terdampak sebesar Rp 33 juta, kemudian untuk pembayaran tukang yang membangun 8 rumah sebanyak Rp 80 juta dan sewa sarpras selama 29 hari sebesar Rp 33 juta.

Selain itu, Satgas juga mengalokasikan anggaran untuk pembelian lahan untuk tempat relokasi dua rumah yang saat ini masih dilakukan negosiasi besaran harganya. Sekaligus untuk pembayaran pemasangan instalasi listrik total sebesar Rp 18 juta.

Pembangunan-rumah-korban-terdampak-banjir-sudah-dilakukan-dengan-memanfaatkan-anggaran-3.jpg

Saldo yang tersimpan ini juga akan dipergunakan untuk pembayaran BPJS ketenaga kerjaan. Sehingga total diperkirakan akan membutuhkan anggaran sebesar Rp 315 juta, sehingga diperkirakan akan ada sisa saldo Rp 332 juta.

encana, Ir Punjul Santoso MM.  Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa saat ini sudah dilakukan pembangunan delapan rumah dari sembilan rumah yang akan dibangun.

Selain itu juga sudah dilakukan perbaikan 34 rumah korban banjir bandang di Kota Batu dengan rincian sembilan rumah rusak hanyut dan 25 rusak ringan hingga berat. Dalam kesempatan itu, Punjul juga menjelaskan bahwa masih tersisa 1000 sak semen yang pemanfaatannya akan dirapatkan lebih lanjut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES