Pemerintahan

Salurkan Dana ZIS Capai Rp 7,8 Miliar, Bupati Kendal Raih BAZNAS Award 2022

Selasa, 18 Januari 2022 - 18:45 | 47.19k
Bupati Kendal, Dico M Ganinduto (baju kuning) bersama Ketua Baznas Kendal, Syamsul Huda (tengah kanan), saat penerimaan anugrah Baznas Award 2022 di Hotel Ballroom, Jakarta, Selasa 18/1/2022. (Humas Pemkab Kendal)
Bupati Kendal, Dico M Ganinduto (baju kuning) bersama Ketua Baznas Kendal, Syamsul Huda (tengah kanan), saat penerimaan anugrah Baznas Award 2022 di Hotel Ballroom, Jakarta, Selasa 18/1/2022. (Humas Pemkab Kendal)

TIMESINDONESIA, KENDAL – Menyalurkan dana ZIS (Zakat, Infaq Shodaqoh) hingga mencapai Rp 7,8 miliar selama tahun 2021, Bupati Kendal Dico M Ganinduto mendapat anugrah BAZNAS Award 2022.

Bupati Dico M Ganinduto menjadi salah seorang dari sembilan kepala daerah di Indonesia yang menerima penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui acara BAZNAS Award 2022, dengan kategori Bupati Pendukung Gerakan Zakat Indonesia.

BAZNAS, dalam memberikan anugerah itu melalui seleksi atau penilaian yang dilakukan kepada seluruh kepala daerah se-Indonesia. Dari hasil penilian itu BAZNAS memutuskan ada 9 kepala daerah di Indonesia yang berhak menerima penghargaan itu, termasuk Bupati Kendal Dico M Ganinduto.

"Alhamdulillah Kendal menjadi salah satu dari sembilan Kabupaten se-Indonesia yang mendapatkan penghargaan dari BAZNAS melalui BAZNAS Award 2022," kata Dico saat acara penerimaan penghargaan BAZNAS Award 2022, di The Sultan Hotel dan Ballroom, Jakarta, Selasa (18/1/2022).

Dico M Ganinduto bJajaran kepengurusan Baznas Kendal, saat acara HUT Baznas ke-21 di Hotel Ballroom, Jakarta, Selasa 18/1/2022. (Humas Pemkab Kendal)

Dico mengatakan, selama tahun 2021, pihaknya bersama BAZNAS sudah menyalurkan dana total Rp 7,8 Miliar melalui 40 kegiatan.

"Dari 40 kegitana itu meliputi kegiatan pendistribusian zakat untuk orang tua miskin, Guru Tidak Tetap (GTT) atau Pegawai Tidak Tetap (PTT), zakat untuk takmir masjid, pembangunan rumah layak huni, bantuan untuk korban kebakaran dan bantuan produktif untuk para peternak kambing yang ada di Kendal," paparnya.

Dico berharap, kedepan Pemda Kendal dengan BAZNAS Kendal bisa terus bersinergi dan BAZNAS bisa terus mendorong bantuan-bantuan agar nantinya dapat memiliki nilai produktif untuk masyarakat dan bisa membawa manfaat secara berkelanjutan.

“Penghargaan ini saya terima sebagai bentuk pengingat saya untuk terus memberikan dukungan terbaik saya dalam menyalurkan amal zakat ASN dan masyarakat umum di Kendal," tandasnya.

Sementara itu, Ketua BAZNAS Kendal, Syamsul Huda mengatakan bahwa Kegiatan yang diselenggarakan Basnaz itu dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) BAZNAS ke-21. Dalam acara HUT BAZNAS ke-21 kali ini BAZNAS mengangkat tema “Menjadi Lembaga Utama Mensejahterakan Umat”.

Syamsul menjelaskan bahwa dalam standar penilaian BAZNAS dalam memberikan Award itu dengan menggunakan Indeks Zakat Nasional (IZN) dan juga penilaian kuantitatif dan kualitatif.

"Sementara indikator yang dinilai itu ialah seberapa besar dukungan kepala daerah dari aspek regulasi dan pendanaan dari APBD serta sarana prasarana kepada BAZNAS di daerah atau Kabupaten masing- masing selama tahun 2021," pungkas Syamsul, saat memberikan ucapan selamat kepada Bupati Kendal, Dico M Ganinduto yang menerima penghargaan BAZNAS Award 2022. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES