Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Dosen Melayang di Kampus Saat Perkuliahan

Rabu, 19 Januari 2022 - 09:37 | 111.56k
Video kisah dosen melayang yang beredar di media sosial.
Video kisah dosen melayang yang beredar di media sosial.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video di TikTok dengan narasi tentang kisah dosen melayang di sebuah kampus saat aktivitas perkuliahan pada pagi hari. Video tersebut dibagikan akun @Janki_Dawsat pada 13 Januari 2022.

Dalam video tersebut terdapat foto yang menunjukkan sosok diduga dosen dalam posisi melayang saat kegiatan perkuliahan di sebuah kampus. Dijelaskan dalam video tersebut, dosen melayang diketahui setelah salah satu mahasiswa (ketua kelas) menjatuhkan bolpoin. Mahasiswa tersebut disebutkan kaget saat mengetahui kaki pria diduga dosen tersebut, tidak menapak ke lantai.

cek fakta Dosen Melayang 2Sumber: TikTok (https://www.tiktok.com/@jankidawsat/video/7052678371506933018)

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim dosen melayang, tidak benar. Penelusuran kami dengan mesin pencari menemukan fakta bahwa hal tersebut dibantah oleh pihak kampus.

Mengutip turnbackhoax.id, foto yang disebut dosen melayang itu pertama disebarluaskan oleh akun facebook bernama Anggo pada 2016 lalu. Foto tersebut dilengkapi dengan tangkapan layar dari obrolan perpesanan hingga  akhirnya ramai menjadi perhatian warganet.

Masih dikutip dari laman yang sama, ternyata peristiwa dosen melayang tersebut terjadi di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.

cek fakta Dosen Melayang 3Sumber: [SALAH] Dosen Melayang di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta | Turnbackhoax

Mengkonfirmasi hal tersebut, dilansir dari detik.com, Kepala Humas UAD Yogyakarta menegaskan pesan tersebut tidak benar atau hoaks.

"Itu saya pastikan hoax. Itu hanya euforia orang-orang dan beberapa website agar laris saja dengan membagikan pesan itu. Lewat detikcom, saya sampaikan dan pastikan bahwa itu hoax," tegasnya pada Senin (24/10/2016) yang dikutip TIMES Indonesia pada Selasa (18/1/2022).

Hadi menjelaskan pihak kampus sebenarnya sengaja tidak menanggapi isu miring tersebut. Sebab, menurutnya, hal itu tidak berkaitan dengan kegiatan akademis.

cek fakta Dosen Melayang 4Sumber: Cerita tentang Dosen Gaib di UAD Yogya yang Bikin Merinding | Detik

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, video dosen melayang saat perkualiahan pagi hari, tidak benar. Pihak kampus membantahnya, dan kebenaran kabar tersebut tidak dapat dipertanggung jawabkan.

Menurut misinformasi/disinformasi yang dikategorikan oleh FirstDraft, konten tersebut masuk ke dalam kategori Fabricated content (konten palsu). Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggungjawabkan secara fakta. 

---

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES