Pemerintahan

Bupati Bandung Prihatin Mantan Kades Tersangkut Korupsi

Selasa, 18 Januari 2022 - 10:14 | 42.19k
Bupati Bandung HM Dadang Supriatna saat Program Saba Desa di Desa Margamekar Kec Pangalengan. (Foto: Diskominfo for TIMES Indonesia)
Bupati Bandung HM Dadang Supriatna saat Program Saba Desa di Desa Margamekar Kec Pangalengan. (Foto: Diskominfo for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDUNGBupati Bandung Dadang Supriatna mengaku prihatin dengan masih adanya kepala desa (kades) yang korupsi dan tidak amanah dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab mengemban jabatan. 

Bupati Bandung menegaskan agar para kepala desa bisa menjalankan sumpah jabatan dengan baik sebagaimana yang diucapkan pada saat dilantik.

“Saat ini kita dalam masa transisi peningkatan anggaran untuk desa. Jadi para kepala desa harus bekerja sungguh-sungguh. Diingatkan sering, diberi pelatihan juga sudah, jadi amanlah, jangan main-main,” tegas bupati seusai agenda audiensi di rumah jabatannya di Soreang, Selasa (18/1/2022).

Bukan tanpa alasan, peningkatan anggaran desa dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat desa, serta penanggulangan kemiskinan. 

Apalagi Kabupaten Bandung memiliki 270 desa yang tersebar di 31 kecamatan. Dengan demikian seluruh dana desa yang dialokasikan pemerintah, harus digunakan dengan transparan, tanggungjawab dan berdampak manfaatnya.

"Saya tidak mau mendengar, belum lama dilantik menjadi kades sudah diberhentikan karena tersangkut masalah hukum gara-gara dana desa," ungkap Kang DS sapaan Dadang Supriatna.

Kang DS menyatakan, dalam penggunaan dana tersebut pihak aparat desa tidak bisa sesuka hati, melainkan harus mempedomani aturan yang telah ditetapkan.

"Karena seluruh penggunaan dana tersebut akan dilakukan proses audit setiap tahunnya. Maka realisasi penggunaan dana harus dibuat laporan untuk disampaikan kepada Pemkab Bandung melalui DinasPemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD)," tegasnya.

Dirinya mengingatkan para kades agar dalam pengambilan keputusan terkait penggunaan dana desa, harus terlebih dulu dimusyawarahkan dengan tokoh masyarakat serta aparat desa setempat.

"Jika pengambilan setiap keputusan dilakukan melalui proses musyawarah mufakat, maka saya yakin akan meminimalisir timbulnya persoalan di desa. Termasuk dalam hal penggunaan dana desa yang isunya sangat sensitif di kalangan masyarakat," kata Kang DS.  

Bupati juga menyatakan, mulai tahun 2015 gaji aparat desa yang sebelumnya dibayar pemerintah daerah melalui DPMD, akan ditanggung pemerintah pusat melalui dana desa.

"Dengan telah lahirnya UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, telah banyak terjadi perubahan di desa baik dari segi pembangunan maupun sistem pengelolaan keuangan. Salah satunya adalah sistem pembayaran gaji aparat desa yang langsung didanai melalui dana desa," imbuhnya.

Kepada para kades yang beberapa waktu lalu telah dilantik, Bupati Bandung agar menjaga kondusivitas wilayah dan fokus mengurus desa masing-masing.

"Jangan sampai ada lagi kades yang tersandung korupsi. Kasus mantan Kades Cihawuk itu semoga menjadi pelajaran berharga. Mari kita saling berkolaborasi untuk mengawal pembangunan dari desa lebih maksimal," tandas Bupati.

Kepala DPMD Kabupaten Bandung Tata Irawan mengaku prihatin atas kasus mantan kades Cihawuk yang melakukan korupsi dan merugikan negara. Tata berharap, agar para kades bisa benar-benar kooperatif ketika ada kejanggalan, saat hasil pembangunannya dari dana desa ada yang mengkritisi.

Kades jangan alergi kalau dikritik warga. Kooperatif saja dan laksanakan tranparansi anggaran untuk setiap pembangunan. Masyarakat perlu tahu apa yang menjadi haknya dalam pembangunan, dengan begitu kepercayaan warga akan terjaga,” kata Kepala DPMD Kabupaten Bandung.(*)
 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES