News Commerce

Peran Software Akuntansi, Manfaat dan Kegunaannya untuk Bisnis

Senin, 17 Januari 2022 - 18:18 | 106.72k
ilustrasi - Software akuntansi (Foto: intrust)
ilustrasi - Software akuntansi (Foto: intrust)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mencari software akuntansi terbaik ini menjadi sesuatu yang menantang karena setiap software memiliki keunggulannya masing-masing. Software akuntansi sendiri merupakan salah satu perangkat lunak yang paling banyak dibutuhkan tidak hanya untuk perusahaan besar saja namun perusahaan kecil pun juga membutuhkan software ini. Tidak ada bisnis yang tidak membutuhkan software akuntansi mengingat akuntansi ini menjadi bagian bisnis yang paling penting.

Sayangnya jika masih ditangani dengan cara manual human error bisa terjadi dan proses perhitungannya lebih lama dibandingkan dengan menggunakan bantuan software atau aplikasi. Oleh sebab itu perusahaan saat ini harus mulai menggunakan software akuntansi yang mana disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Tujuan Software Akuntansi Serta Manfaat & Kegunaan Bagi Bisnis

Seperti yang Anda telah ketahui, pekerjaan yang dilakukan oleh seorang akuntan sangatlah banyak meliputi laporan keuangan, laporan neraca dan lain sebagainya. Terlebih semua pekerjaan itu dilakukan secara manual menggunakan kertas kerja. Walaupun terkadang mereka menggunakan bantuan Microsoft Excel.

Dalam segi waktu, hal ini tentu saja tidak efisien. Namun dengan semakin berkembangnya teknologi, semua pekerjaan pun sudah semakin mudah. Apa lagi sekarang sudah banyak software akuntansi yang beredar seperti Accurate online, Accurate desktop dll.

Akuntansi merupakan seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan keuangan. Terutama keuangan perusahaan Anda. Karena itulah bidang ini bisa dibilang sangat penting untuk menunjang kemajuan perusahaan Anda.

Peran Software Akuntansi Serta Manfaat & Kegunaan Bagi Bisnis

Software akuntansi merupakan sebuah aplikasi atau program yang dirancang khusus untuk memudahkan serta mempercepat perhitungan laporan keuangan, neraca dan berbagai bentuk laporan keuangan dalam suatu perusahaan.

Dengan banyaknya transaksi jual beli yang ada, belum lagi jika ditambah dana operasional produksi, semuanya membutuhkan suatu perhitungan yang cermat, cepat namun tetap akurat. Karena itulah software akuntansi ini akan sangat membantu sebuah perusahaan dalam mengolah laporan keuangannya.

Apalagi software akuntansi saat ini telah mengembangkan teknologinya dengan menggunakan cloud system dimana dengan menggunakan teknoloi tersebut, Anda dapat mengakses data akuntansi kapan dan dimana saja dengan data yang ditampilkan secara up-to-date atau real time seperti Accurate Online misalnya,

Berbagai manfaat dapat Anda dapatkan dengan software akuntansi Accurate. Tentunya dengan adanya bantuan software ini, kita akan mendapatkan beberapa manfaat yang akan langsung dapat kita rasakan diantaranya:

1. Dapat mengakses langsung ke informasi keuangan

Adanya software akuntansi, memudahkan Anda dalam mengakses informasi keuangan usaha Anda. Hal ini berlaku, ketika Anda sudah menginput informasi keuangan sebelumnya.

Kemudahan ini memiliki peran besar dalam dunia bisnis, di mana sangat memungkinkan para wirausahawan dalam membuat keputusan dengan cepat dan tepat. Sehingga membuat usaha atau bisnis yang dijalankan menjadi lebih efektif.

2. Dapat dikerjakan kapanpun dan dimanapun

Digitalisasi ini dapat memudahkan penggunanya, para pengusaha dapat menjalankan bisnisnya kapan pun dan di mana pun mereka berada.

Sekaligus hadirnya teknologi digital dapat menghubungkan satu dengan yan lainnya. Hal ini membuktikan bahwa menjalankan bisnis dapat dikendalikan dari mana saja.

Sementara itu, software akuntansi cloud ini juga dapat diakses dari smartphone Anda. Sehingga ketika tidak membawa laptop atau tidak ingin menggunakan komputer di kantor Anda cukup dengan smartphone saja. Asalkan Anda memiliki koneksi internet, maka akses ke cloud ini dapat dijalankan.

3. Dapat melakukan pelaporan dan analisis dengan cepat

Dengan cloud ini, memudahkan Anda dalam membuat laporan dengan cepat, tepat dan mudah disesuaikan atau sinkronisasi kapan saja.

Software akuntansi cloud terbaik, memiliki sarana pelaporan yang lengkap. Data yang dihasilkan bisa berupa grafik, laporan varians, dan masih banyak lagi fitur yang dapat digunakan guna membentuk dasbor keuangan bagi perusahaan Anda.

Dasbor yang baik, dapat disesuaikan sesuai kebutuhan untuk membantu semua pengguna untuk menganalisi data, membaca informasi laporan, dan memudahkan pengambilan keputusan bisnis.

4. Dapat mengatur link ke pihak tertentu

Dalam hal ini, link laporan ditujukan kepada penasihat, investor dan dewan direksi pada perusahaan Anda. Karena memiliki penasihat terpercaya adalah kunci dalam pengelolaan keuangan dalam sebuah perusahaan.

Dengan memberikan akses atau mengatur link yang ditujukan langsung ke pihak-pihak ini, Anda bisa bekerja lebih cepat, baik dalam mengelola dan menentukan kebijakan dalam bisnis.

Selain itu, dengan adanya link tersebut juga akan memudahkan untuk menyampaikan informasi mengenai keuangan perusahaan. Hal ini sangat membantu dewan direksi dan para investor.

5. Dapat melakukan alokasi data secara otomatis

Tidak peduli seberapa banyak transaksi yang Anda lakukan, software akuntansi cloud ini dapat mengalokasikan data secara mudah dan otomatis.

Ketika Anda memasukkan data yang salah, maka secara otomatis software ini akan memberikan sebuah peringatan. Tidak ada lagi keraguan atau ketakutan saat menginput data, karena sudah ada yang bisa membantu mengurangi human error.

Nantinya, pekerjaan pembukuan akan berkurang, pengusaha akan bisa fokus berbisnis, bukan mencatat lagi. Seorang akuntan akan dapat fokus pada nilai tambah dan penasehat daripada menangkap transaksi.

6. Keamanan data lebih terjamin

Adanya teknologi cloud ini dapat menjamin keamanan data terjaga dengan bantuan enkripsi. Anda dapat mengizinkan atau tidaknya seseorang dalam mengakses data dalam cloud tersebut.

Kini, pebisnis cenderung menginginkan aksesibilitas data yang instan, tanpa adanya hambatan untuk mengakses informasi keuangan utama. Selain itu, adanya teknologi cloud ini mengurangi segala resiko yang terjadi, seperti komputer atau laptop yang rusak.

Mengingat, untuk mengakses software ini bisa melalui smartphone, komputer, dan laptop lain selagi masih ada koneksi internet.

Berbeda ketika Anda tidak menggunakan teknologi cloud. Jika data yang Anda simpan diletakkan di memori komputer atau laptop, ketika perangkat tersebut rusak, Anda tidak bisa lagi melanjutkan pekerjaan Anda.

Selain itu, resiko terburuknya adalah data-data penting perusahaan juga ikut hilang. Namun, ketika Anda menggunakan software akuntansi cloud, hal ini tidak akan pernah terjadi di bisnis Anda.

7. Dapat menghemat waktu dan mengurangi kesulitan

Sudah sangat jelas, ketika menggunakan cloud ini akan sangat menghemat waktu Anda dalam mengerjakan dan mendapatkan informasi keuangan. Selain itu, tidak lagi ada yang namanya kesulitan yang dialami seperti sebelum Anda menggunakan cloud ini.

Proses penyimpanan data pun menjadi lebih mudah, mengurangi penggunaan kertas dan ruang di kantor untuk meletakkan dokumen-dokumen penting. Hanya dengan memasukkan kata kunci dari data yang ingin Anda ambil, maka Anda bisa langsung mendapatkannya dengan mudah.

Untuk merasakan betapa menyenangkan manfaat software akuntansi cloud ini, Anda bisa mencoba Mekari. Mekari merupakan software akuntansi yang dapat Anda gunakan untuk memudahkan pekerjaan akuntnasi Anda.

Software ini juga menawarkan beberapa fitur yang dapat memudahkan pekerjaan Anda dalam hal akuntansi dan keuangan. Sehingga dengan Mekari, pekerjaan Anda menjadi lebih mudah, cepat, dan akurat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES