Peristiwa Daerah

Viral, Ibu-ibu di Probolinggo Duduk Santai di Jalan Halau Truk Tambang

Senin, 17 Januari 2022 - 18:08 | 62.81k
Ibu-ibu halau truk tambang yang melintas di jalan desa. (Foto: tangkapan layar video viral)
Ibu-ibu halau truk tambang yang melintas di jalan desa. (Foto: tangkapan layar video viral)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOViral di media sosial (medsos) sejumlah ibu rumah tangga tengah santai duduk di ranjang kecil di jalan desa. Mereka halau truk tambang yang beroperasi di desanya. Tepatnya di Desa Tanjungrejo, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Senin (17/1/2022).

Mereka ngobrol santai di tengah jalan raya di desanya. Ada yang menggendong balita, ada yang sedang ngobrol dengan temannya. Mereka sengaja menghalau truk yang akan lewat di jalan tersebut.

Mereka tidak ingin truk tambang yang membawa pasir batu melintas. Tampak juga truk yang membawa pasir itu berhenti di sebelah ibu-ibu itu, karena tak bisa melintas.

Sempat terjadi adu mulut antara warga dengan kepolisian yang datang ke lokasi, saat warga setempat melakukan aksi unjuk rasa kecil kecilan itu. Karena warga menyayangkan truk tambang yang setiap hari melintas itu mengakibatkan polusi udara dan membikin jalan desanya rusak karena dilewati kendaraan besar setiap harinya.

Halimah (55) warga setempat mengatakan, selain membuat jalan di desanya rusak. Tak hanya itu, sopir truk tambang itu selalu ugal-ugalan saat melintas.

"Jalan di sini rusak. Tidak diperbaiki oleh pengelola tambang. Saya juga minta, sopir truk tidak lagi ugal ugalan jika melintas di jalan ini, karena di sini adalah pemukiman warga yang padat," kata Halimah.

Halimah dan warga lainnya mengaku, pembayaran kompensasi ke warga terdampak dari pengusaha tambang kisaran Rp25 ribu sampai Rp50 ribu per bulan, sudah 4 bulan ini tidak ada lagi. Biasanya ada kompensasi ke warga.

Sayangnya, saat wartawan hendak konfirmasi ke salah satu koordinator tambang, serta anggota Polsek termasuk Kapolsek Tongas, yang saat itu ada dilokasi tambang justru meninggalkan lokasi tambang, saat sejumlah wartawan ke salah satu lokasi penambangan sirtu di Kabupaten Probolinggo itu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES