Peristiwa Daerah

IKA FISIP: Adu Konsep dan Gagasan Harus Menjadi Ruh dalam Pilrek Unsil 2022

Minggu, 16 Januari 2022 - 15:38 | 54.09k
Penyerahan berkas Visi misi dari Balon Rektor oleh Prof. Muradi, M.A., Ph.D. Guru Besar Ilmu Politik & Keamanan, FISIP UNPAD, beberapa hari yang lalu (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)
Penyerahan berkas Visi misi dari Balon Rektor oleh Prof. Muradi, M.A., Ph.D. Guru Besar Ilmu Politik & Keamanan, FISIP UNPAD, beberapa hari yang lalu (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TASIKMALAYA – Tujuh Bakal Calon Rektor Univesrsitas Siliwangi (Unsil) siap bertarung adu konsep dan gagasan, setelah mereka menyerahkan berkas konsep visi ke panitia 19 Januari 2022 yang lalu.

Rencana pemaparan visi misi yang akan digelar 19 Januari 2022 mendapat perhatian dari berbagai kalangan, salah satunya dari Ketua Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Ilmu Sosial Politik Universitas Siliwangi Sandra M. Firdaus.

Sandra mengungkapkan ruang demokrasi kampus haruslah lebih terbuka ketika Unsil menjadi Universitas negeri. Menurutnya dengan adanya tiga calon Rektor dari luar Unsil harus dimaknai sebagai perkembangan demokrasi kampus yang positif.

Pilrek Unsil 2Pengurus IKA FISIP saat berdiskusi dengan beberapa Alumni FISIP Universitas Siliwangi, Sabtu (15/1/22) malam (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)

"Ini menjadi satu sajian  pilihan yang lebih kompetitif dan seharusnya menambah atmosfer intelektual-akademik dimana adu konsep, gagasan dan visi misi adalah jalan satu-satunya menjadi Rektor Unsil," ungkapnya.

Sandra menambahkan Isu yang membenturkan calon internal dan eksternal adalah isu kontraproduktif yang justru merongrong nuansa demokratis-inteletual-akademik kampus.

"Bagi kami tahap penyampaian visi misi ini adalah tahap krusial, tahap penting dimana senat sekaligus publik akan mengetahui bagaimana pikiran-pikiran para calon Rektor ini tentang Unsil kedepan," tandasnya

Sandra berharap kepada rektor yang terpilih nanti adalah rektor yang punya pikiran-pikiran cemerlang, gagasan dan program yang progresif punya jejaring yang kuat baik di level nasional, regional dan internasional.

Hal senada diungkapkan pula oleh
Sekretaris Roni Romansyah, menurutnya rektor merupakan  seorang pemimpin, apalagi menjadi pimpinan pada  sebuah perguruan tinggi yang bukan saja dimaknai sebagai pemimpin simbolik.

"Rektor haruslah menjadi pemimpin yang mempunyai strategi, kemampuan manajerial yang kuat, mampu menjalin silaturahmi dan kerjasama dengan berbagai pihak, memiliki jaringan luas, apalagi Unsil yang terbilang belia menyandang status negeri sudah saatnya lepas landas, inilah momentumnya membawa Unsil dalam capaian-capaian strategis berskala nasional, regional atau bahkan internasional," ungkapnya saat dihubungi oleh TIMES Indonesia melalui sambungan telepon selulernya, Minggu (16/1/22) siang.

Pilrek Unsil 3Foto bersama Pengurus IKA FISIP usai berdiskusi dengan beberapa Alumni FISIP Universitas Siliwangi, Sabtu (15/1/22) malam (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)

Roni menambahkan program pengembangan kampus  tersebut hanya bisa dicapai oleh pemimpin yang punya visi, dan punya koneksi luas, serta  lincah dan kredibel.

Pembangunan dan pengembangan akademik yang sehat mutlak diperlukan untuk Unsil yang terbilang baru menjadi Universitas negeri. Pembangunan akademik yang sehat menitik beratkan pada pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang tidak hanya berorientasi lokal, tetapi juga harus berorientasi nasional bahkan internasional, dan ini hanya bisa dilaksanakan oleh figur yang kuat yang punya jejaring luas dalam pengembangannya.

"Bagi tegaskan bahwa dialektika harus menjadi atmosfer utama dalam Pilrek kali ini, dan siapapun yang terpilih nanti adalah kemenangan pikiran, kemenangan gagasan, kemenangan konsep dan kemenangan visi misi, tidak berdasarkan dari sisi internal dan eksternal calon rektor Unsil," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES