Kuliner

Ini Dia 5 Makanan Khas di Malang yang Enak dan Populer

Minggu, 16 Januari 2022 - 09:54 | 150.24k
Puthu Lanang, jajanan tradisional khas Malang. (FOTO: dok. TIMES Indonesia)
Puthu Lanang, jajanan tradisional khas Malang. (FOTO: dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kota Malang bukan hanya menyuguhkan surga wisata yang seru dan menarik. Namun juga memiliki beraneka macam makanan khas di Malang

Mulai dari jajanan tradisional yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu, sampai makanan kekinian yang tidak kalah nampol di mulut. Ketika Anda sedang merantau, pergi liburan atau menempuh pendidikan disana, maka jangan sampai lupa mencicipi makanan khas di Malang. 

Bicara soal kuliner, kota Malang pastinya memiliki makanan khas yang membuatnya melekat dikalangan wisatawan. Salah satunya adalah bakso Malang yang terkenal diseluruh penjuru Indonesia. 

Tidak hanya sebatas bakso, makanan khas Malang masih banyak lagi dan harus dicoba setidaknya sekali. Jangan bingung, beberapa menu andalan dibawah ini bisa menjadi pilihan terbaik.

Rekomendasi Makanan Khas Malang Yang Sayang Dilewatkan

1. Rawon Nguling

Kuliner pertama yang harus Anda coba adalah Rawon Nguling khas Malang. Harga per porsi mencapai Rp. 40 ribu, namun sebanding dengan kelezatan dan potongan dagingnya yang besar. Asalkan Anda tahu, kedai ini sudah melayani sejak tahun 1983 silam. 

Untuk mencicipi kelezatannya, silahkan mampir ke Jl. Zainul Arifin Klojen. Buka mulai jam 7 pagi sampai setengah 4 sore. 

2. Bakso Malang 1977

Di kota Anda mungkin sudah banyak penjual bakso, namun mencicipi bakso di tempat asalnya pasti memberi kepuasan tersendiri. Apalagi suhu udara di Malang yang dingin, menikmati semangkok bakso hangat sangatlah cocok. 

Tidak hanya bakso, isian lain yang biasa melengkapinya adalah gorengan, bihun, tahu, pangsit dan masih banyak lagi. Untuk mencicipi citarasa terbaik, silahkan menuju ke Jl. Batanghari Klojen. 

Kedai bakso di sini sudah melegenda, karena mulai buka sejak tahun 1977 lalu. Harga per porsi bakso antara Rp. 30 ribu - Rp. 50 ribu per porsi. 

3. Cwie Mie Malang 

Sesuai namanya, kuliner khas Malang ini siap memanjakan Anda para penggemar olahan mie. Berkunjung ke bumi Arema kurang afdol rasanya apabila sampai melewatkan jananan tersebut. 

Cwie Mie adalah mie tipis yang dibumbui berbagai macam rempah dan kemudian dihidangkan bersama sawi rebus, daging ayam cincang, acar mentimun, bawang goreng, irisan daun bawang, rawit dan kerupuk pangsit. 

Salah satu kedai yang bisa Anda sambangi adalah Mie Kudusan di Jl. Bondowoso. Buka mulai jam 7 pagi sampai 10 malam. Terdapat berbagai pilihan menu lezat nan menggugah selera, mulai dari pangsit mie jamur, pangsit mie ayam, pangsit mie ayam lada hitam, pangsit mie swekiau, pangsit mie ayam azechuan dan lain-lain.  

4. Angsle Malang 

Selain bakso, kota Malang masih memiliki kuliner lain yang cocok dinikmati ditengah-tengah suhu udara dingin. Secara sekilas, memang mirip seperti sekoteng khas Bandung. 

Namun, di dalam semangkok Angsle Malang terdiri dari bubur mutiara, ketan putih kukus, tape singkong dan putu mayang atau petulo.  

5. Puthu Lanang 

Puthu lanang sudah ada sejak tahun 1935 lalu dan tetap eksis sampai sekarang. Jajanan tradisional ini terbuat dari tepung beras dan dikombinasikan dengan gula jawa. Rasanya manis gurih yang membuat banyak orang menyukainya, apalagi ditaburi parutan kelapa. 

Puthu Lanang bahkan menjadi merek berpaten dan disertai hak cipta. Apabila merasa tertarik mencicipi, silakan datang ke Jl. Agung Suprapto Gang Buntu, Kecamatan Klojen. 

Itu tadi adalah lima makanan khas di Malang yang tidak boleh Anda lewatkan. Semoga bermanfaat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES