News Commerce

OSMO Smart School, Aplikasi Belajar Online untuk Siswa dan Guru Bersertifikat ISO

Minggu, 16 Januari 2022 - 08:56 | 79.43k
Aplikasi OSMO Smart School (FOTO: Osmoschool.com)
Aplikasi OSMO Smart School (FOTO: Osmoschool.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Di tengah pandemi covid-19 saat ini banyak sekolah menerapkan sistem belajar online. Upaya ini diterapkan untuk menghindari siswa terpapar virus covid–19 yang telah menjangkiti sebagian besar warga negara di dunia, termasuk Indonesia.

Di beberapa sekolah, menjalankan sistem belajar online cenderung tidak menghiraukan kualitas dari prosesnya. Bahkan ada guru sekolah yang hanya melemparkan materi atau bahan ajar di grup pesan jejaring sosial kepada siswa.

Dengan cara seperti itu, guru secara tidak langsung telah melaksanakan tugas mengajarnya. Sedangkan siswa yang menyimak dan mengerjakan tugas dari bahan ajar tersebut juga telah menunaikan kewajibannya.

Pertanyaannya apakah demikian sistem belajar online yang diinginkan? Tentu jika demikian, maka output dari sekolah virtual tersebut kemungkinan hanya 25 persen dari tujuan, sedangkan sisanya hilang begitu saja.

OSMO-Smart-School-2.jpg

Karena itu, sekolah virtual semestinya harus didesain dengan terencana dan sedapat mungkin bisa memenuhi sebagian besar tujuannya yakni mencerdaskan anak didik.

Akan tetapi agaknya mustahil hal tersebut terwujud jika pihak sekolah abai. Apalagi ada sekolah yang belum cukup cermat melihat peluang yang ada untuk menjalankan sekolah virtual dengan baik.

Padahal saat ini ada banyak software atau aplikasi yang bisa menjawab masalah yang dihadapi para siswa, guru, dan pihak sekolah sendiri dalam menjalan sistem belajar online.

Sehingga keluhan tentang repot dan susahnya menjalankan sekolah virtual di kalangan guru dan siswa bisa diminimalisir. Misalkan pihak sekolah bisa menggunakan aplikasi Online School Management Office (OSMO) Smart School, sebuah platform digital untuk pengelolaan sekolah.

Aplikasi belajar online ini sudah teruji kualitasnya yang bisa mendukung menjalankan sekolah online dengan hasil yang maksimal, terukur dan terencana dengan baik. 

Capaian ini dibuktikan aplikasi OSMO Smart School dengan telah mengantongi Sertifikasi ISO 27001 yang merupakan suatu standar Internasional dalam menerapkan sistem manajemen keamanan informasi atau lebih dikenal dengan Information Security Management Systems (ISMS).
Tidak hanya itu, aplikasi ini dilengkapi juga dengan Sertifikasi ISO 9001 yang merupakan standar bertaraf internasional di bidang sistem manajemen mutu.

Dalam penerapannya, aplikasi OSMO Smart School hadir dengan banyak fitur yang memberi kemudahan untuk mengelola sekolah berbasis digital serta memudahkan manajemen sekolah dan proses belajar mengajar secara online. 

Dan dengan adanya notifikasi untuk setiap update informasi di setiap fiturnya, termasuk untuk setiap chatting yang masuk, tidak ada lagi siswa yang tidak mengerjakan PR dengan alasan lupa, ortu bisa memantau presensi anaknya, proses belajar-mengajar pun akan selalu ontime.

Lewat aplikasi ini manajemen sekolah yang sebelumnya dikelola dengan sistem manual beralih ke platform digital yang mudah dioperasikan. Selain itu, OSMO Smart School juga menyediakan ruang belajar online menyenangkan bagi siswa dan guru yang terintegrasi dengan berbagai aplikasi lainnya seperti Zoom, Google Meet, dan jitsi.org.

Tidak hanya itu, OSMO juga membuka peluang Kemitraan di seluruh Indonesia bagi siapa saja yang berminat untuk turut berkontribusi dalam dunia Pendidikan Nasional. Melalui Program Kemitraan, OSMO bukan saja memberikan solusi praktis, tetapi jangka panjang. 

OSMO tidak hanya menyediakan aplikasi semata, tapi juga memberikan beragam training gratis bagi Siswa maupun Guru, training Upgrading Mitra, serta pengembangan fitur yang akan terus dilakukan seiring perkembangan dunia Pendidikan Nasional. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES