English

Mie Bangka, Mie Non Halal Lezat Penggoda Selera Asal Bangka Belitung

Minggu, 16 Januari 2022 - 03:33 | 82.89k
Semangkuk Mie Bangka yang menggugah selera. (Photo: Instagram/bakmibangkamayo)
Semangkuk Mie Bangka yang menggugah selera. (Photo: Instagram/bakmibangkamayo)

TIMESINDONESIA, PULAU BANGKA – Orang-orang sudah sering mencicipi beberapa jenis pangsit mi yang beredar di Indonesia. Tampilannya yang sederhana dengan rasa yang menggoda dapat membuat konsumennya ingin mencicipinya lagi. Tetapi, ada satu jenis mi yang tak kalah enak yang berasal dari Bangka Belitung yaitu Mie Bangka.

Mie Bangka sendiri merupakan salah satu varian mie yang unik dari pulau yang terletak di pulau Sumatra ini. Sebenarnya, Mie ini sama seperti Mie Jogja atau mie lainnya yang sudah ada di sekitar. Yang membuatnya beda dari mie lain adalah bahan yang dipakainya.

Mie Bangka biasanya terdiri dari potongan ayam kecap yang sudah dipotong kecil-kecil kemudian digabung juga dengan babi cincang yang dapat menggugah selera. Penjual Mie Bangka umumnya juga menyediakan beberapa varian toping seperti bakso ikan, ikan tengiri dan beberapa macam toping lain.

Yang membuat Mie Bangka cukup menarik adalah tambahan bahan yang dipakai seperti tahu kok dari Bangka. Sebelum disajikan, Mie Bangka akan diberi siraman jeruk kunci. Beberap pelanggan akanmenambahakan sambal tauco yang telah disediakan penjual sebagai pelengkap.

Penjual Mie Bangka umumnya juga menyediakan berbagai macam gorengan yang bisa dinikmati pelanggan bersamaan dengan saat makan mie. Gorengan yang umum ditemukan adalah tahu isi dan weci atau bakwan.

Semangkuk Mie Bangka biasanya dibandrol seharga Rp. 15 K – Rp. 25 K. meskipun masih jarang ditemui, mie asal Bangka Belitung ini menjadi makanan wajib yang perlu diburu terutama oleh pecinta makanan non halal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES