Peristiwa Daerah

Cantolkan Bahan Makanan, Cara Unik Warga Gresik Berbagi ke Sesama

Sabtu, 15 Januari 2022 - 20:12 | 62.79k
Bahan makanan yang dicantolkan untuk membantu sesama (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia).
Bahan makanan yang dicantolkan untuk membantu sesama (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIKWarga Gresik tepatnya di Perumahan Bhummu Cermai Apsari Kecamatan Cerme memiliki cara unik untuk berbagi. Mereka mencantolkan bahan makanan yang kemudian bebas diambil oleh warga yang membutuhkan.

Ide unik dalam berbagi ini dimulai pada tahun lalu, saat pandemi Covid-19. Saat itu, warga perumahan tergugah untuk membantu sesama yang membutuhkan.

Satu persatu cantolan tas kresek berisi bahan makanan, oleh warga perumahan yang sejak pagi sudah mengantre. Warga dengan tertib mengambil cantolan berisi sayuran, mie instan, telur, jagung, aneka bumbu dapur, tahu, tempe, wortel, kecap, dan aneka bahan masakan lainnya. 

Bahan-makanan-yang-dicantolkan-untuk-membantu-sesama-2.jpg

Tidak sampai 15 menit, cantolan berisi bahan makanan ini sudah habis dan sudah tersalurkan bagi masyarakat yang membutuhkan. 

“Alhamdulillah, baru pertama ambil dan lumayan bisa untuk masak dirumah," kata salah satu warga pada Sabtu (15/1/2022). 

Kegiatan yang diadakan oleh Komunitas “Apsari People Care” atau komunitas kepedulian warga diperumahan Bhummi Cermai Apsari ini.

“Kegiatan ini sudah berlangsung dari tahun lalu, berawal dari kepedulian sesama warga saat pandemi Covid 19 sedang parah parahnya,” kata Agus Cahyono, Koordinator Aksi.

Agus mengatakan, awalnya kegiatan ini diadakan untuk membantu warga yang terdampak pandemi secara ekonomi. Karena sangat bermanfaat, kegiatan sosial ini berlangsung hingga kini.

“Jadi cantolan berisi bahan makanan ini berasal dari warga sendiri, setiap Jumat untuk diambil oleh warga yang membutuhkan,” ujarnya.

Dalam perkembanganya meskipun pandemi sudah mulai melandai, warga yang peduli akan aksi kini tetap meneruskan hingga sekarang. 

“Jadi ada donator yang menitipkan ke tim, untuk membelanjakan donasinya tersebut kepada penjual bahan makanan dan sayuran untuk selanjutnya dibagi dan dimasukkan ke cantolan keresek” terangnya.

Sementara itu, Ketua RW setempat, Ahmad Toha (53), menambahkan program ini sangat ditunggu-tunggu. Pihaknya mengatakan bahwa kegiatan ini dikhususkan terlebih dahulu bagi warga Perum Bhummi Cermai Apsari.

“Tapi tetap kita prioritaskan bagi warga Perumahan terlebih dahulu supaya kebagian, semoga kegiatan seperti ini memberikan manfaat," imbuhnya menanggapi Warga Gresik cantolkan bahan makanan untuk bantu sesama. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES