Peristiwa Daerah

Dorong Siswa Gemar Menulis, SMP PGRI 1 Cluring Banyuwangi Gelar Pelatihan Jurnalistik

Sabtu, 15 Januari 2022 - 20:04 | 65.04k
Jurnalis TIMES Indonesia Biro Banyuwangi saat memberikan materi jurnalistik kepada para siswa (FOTO: Rizki Alfian/ TIMES Indonesia)
Jurnalis TIMES Indonesia Biro Banyuwangi saat memberikan materi jurnalistik kepada para siswa (FOTO: Rizki Alfian/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Upaya untuk menggalakkan budaya gemar menulis, dilakukan SMP PGRI 1 Cluring, Banyuwangi, Jawa Timur, dengan menggelar pelatihan jurnalistik, Jumat (14/1/2022).

Acara tersebut diisi oleh perwakilan TIMES Indonesia biro Banyuwangi. Materi yang diberikan seputar ruang lingkup jurnalistik dasar. Mulai dari wawasan atau pengetahuan (knowledge), keterampilan (Skill) jurnalistik, dan etika atau sikap (attititude).

Ketua Panitia Pelatihan Jurnalistik, Didik Purwanto, S.Pd, mengatakan, acara tersebut sengaja digelar untuk memberikan motivasi kepada para siswa agar gemar menulis.

memberikan-materi-jurnalistik-kepada-para-siswa-2.jpg

"Menulis merupakan keterampilan yang kami kira diera saat ini harus dikuasai. Dan kami melihat TIMES Indonesia yang selama ini konsisten mengawal gerakan pelajar menulis," kata Didik Sabtu (15/1/2022).

Kepala Sekolah SMP PGRI 1 Cluring, Nurhayati, S.Pd., M.Pd. menambahkan, pengetahuan tentang kepenulisan harus ditanamkan sejak dini. Karena manfaatnya sangat banyak.

"Meskipun anak-anak di sekolah sudah diajari tentang kepenulisan di pelajaran Bahasa Indonesia, namun agaknya kurang lengkap kalau belum mendapat motivasi langsung dari praktisi jurnalistiknya," ungkap Nurhayati.

Selain menambah semangat, para siswa juga mendapatkan ilmu baru tentang kepenulisan khususnya jurnalistik, di luar daripada pelajaran yang sudah didapat di bangku sekolah.

"Semoga dengan adanya pelatihan jurnalistik ini menambah manfaat, semangat, dan wawasan bagi anak didik kami dan bisa diterapkan," ungkapnya.

memberikan-materi-jurnalistik-kepada-para-siswa-3.jpg

Bahkan dari pelatihan tersebut, SMP PGRI 1 Cluring berencana akan menggelar lomba jurnalistik bagi siswa-siswinya.

"Kami berencana membuat lomba jurnalistik. Ini bagian daripada latihan dan dukungan kami pihak sekolah agar anak didik kami gemar dunia literasi," pungkas Nurhayati.

General Manager TIMES Indonesia Biro Banyuwangi, Syamsul Arifin mengatakan, selama ini medianya terus konsisten dalam mengawal program literasi khususnya bagi pelajar di Kabupaten Banyuwangi.

"Kami punya program gerakan pelajar menulis. Dan mempersilahkan bagi siswa-siswi yang ingin menulis dan terbit di media. Kami juga ada program Kopi Times, silahkan kirim tulisan opini ke kami," terangnya.

Mengusung jurnalisme positif dengan jargon Inspiring, Building and Positif Thinking, membuat TIMES Indonesia konsisten dalam pembangunan SDM, termasuk gerakan literasi menulis . (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES