Kopi TIMES

Perilaku Bermedia Generasi Produktif di Era Digital

Sabtu, 15 Januari 2022 - 17:00 | 31.06k
Perilaku Bermedia Generasi Produktif di Era Digital
Dyah Pikanthi Diwanti, Dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta/Mahasiswa Program Doktor Pengembangan Sumber Daya Manusia Universitas Airlangga.

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Telaah panjang seputar generasi memang tidak dapat berhenti dalam dataran wacana. Hal-hal unik yang ditemui menjadi trending topik terutama di media. Kuatnya media (media massa) dalam menghantar pemberitaan seputar generasi dan aktivitasnya menegaskan bahwa media massa menjadi salah satu kepercayaan masyarakat dalam arus informasi.

Sebuah survei Edelman Trust Barometer 2021 menyebutkan bahwa tingkat kepercayaan pada media di Indonesia tertinggi di dunia, yakni mencapai 72 poin atau meningkat tiga kali dari sebelumnya. Artinya, Media (media masssa) memiliki peran penting dalam masyarakat sebagai pemenuhan kebutuhan terkait informasi, pendidikan dan hiburan.

Bicara tentang generasi dan media memiliki benang merah diantara keduanya. Generasi produktif yang hadir dan bertumbuh dari ragam generasi yang ada seperti generasi Milenial, generasi Z maupun generasi Alpha memiliki karakteristik yang berbeda meski dikenal akrab di era digital.  Suatu masa yang hadir dengan ragam perkembangan dalam segenap aspek kehidupan melalui teknologi menjadikan era digital ini sebagai fase terindah bagi generasi produktif dalam mengaktualisasikan ragam potensi yang dimiliki.

Dewasa ini Indonesia masuk pada era revolusi industri, terjadinya transformasi pada cara kerja manusia yang menjadi lebih otomatis/digitalisasi. Adanya perubahan tersebut mempengaruhi pula perubahan teknologi informasi sehingga media massa mengikuti perkembangan di era digital.  Lantas, bagaimana aktivitas generasi produktif dalam bermedia di era digital? 

Perbedaan generasi selalu menjadi hal menarik yang didiskusikan dalam masyarakat. Setiap generasi memiliki karakteristik unik yang kemudian menentukan proses komunikasi  berlangsung dalam berbagai konteks.

Perbedaan generasi juga seringkali menimbulkan bahasan menarik karena setiap generasi melekat dengan nilai-nilai ideal tertentu yang sangat mungkin berbeda satu dengan yang lain.

Jika sebelumnya mengenal generasi tua dan generasi muda yang didasari oleh tahun kelahiran serta pengalaman perjalanan sejarah, seiring berjalannya waktu generasi kini berkembang dalam kategori baby boomers, generasi X , generasi Y, dan generasi Z dan generasi Alpha.

Digitalisasi dan bangkitnya generasi produktif yang hadir dari ragam generasi ini memberikan tantangan pada berbagai bidang diantaranya lingkup ruang ilmu dan karya yang menjadi sarana aktualisasi generasi. Setiap generasi memiliki gaya komunikasi yang unik sehingga masing-masing generasi harus beradaptasi dengan gaya komunikasi yang berbeda.

Gaya komunikasi (Liliweri;2011) adalah seperangkat perilaku antarpribadi yang digunakan dalam situasi tertentu. Gaya komunikasi menentukan bagaimana seorang individu mempersepsi peran dirinya, membangun relasi dengan orang lain, serta menentukan efektivitas sebuah komunikasi. Gaya komunikasi ini bahkan seringkali lebih penting daripada konten informasi yang akan disampaikan. Begitupun gaya komunikasi generasi produktif dalam bermedia.

Berikut ini beberapa hal menarik yang dapat ditemui tentang generasi produktif  dalam bermedia di era digitall: Pertama, sebagaimana diketahui koneksi internet hadir di Indonesia pada tahun 1990-an.

Seiring perkembangan teknologi, kini masyarakat Indonesia memasuki dunia digital. Kebutuhan komunikasi melalui  internet menjadi kebutuhan masyarakat begitupun bagi generasi produktif dimana aktivitasnya selalu terkoneksi dengan internet terutama hal-hal yang bersinggungan dengan teknologi diantaranya, sosial, politik, ekonomi dan aktivitas  lainnya. Kedua, Generasi produktif tidak terlepas dari literasi dan aktualisasi minat baca.

 Melalui ragam kolaborasi salah satunya mendorong pemerintah untuk mengiatkan ruang-ruang baca bagi masyarakat umum seperti perpustakaan keliling yang saat ini tidak hanya hadir secara fisik namun sudah berbasis teknologi. Berdasarkaan data statistik United Nations of Educational Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) pada tahun 2012, menyebutkan indeks minat baca di Indonesia baru mencapai 0,001.

Sementara hasil tahun sebelumnya dari The World Most Literate Nations (WMLN) tahun 2003-2014, tingkat literasi tertinggi di dunia ditempati Finlandia, sedangkan Indonesia berada di urutan ke-60 dari 61 negara yang diambil sampel ujinya. Data lain menyebutkan hasil penelitian Programme for International Student Assessment (PISA) tahun 2015, minat membaca siswa di Indonesia menduduki urutan ke-69 dari 76 negara yang disurvei.

Realitas ini mendorong generasi produktif untuk mengambil peran dalam ruang ilmu dan karya yang terus menggali potensi yang dimiliki generasi masa depan. Setelah ditelusur lebih mendalam, terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi minat baca seseorang dan faktor tersebut digolongkan ke dalam dua kelompok, yaitu faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik.

Faktor instrinsik merupakan faktor yang berasal dari dalam diri individu yakni hal natural yang didapatkan dari  bakat yang diasah, kebiasaan, kesadaran akan kebutuhan untuk mencapai cita-cita, rasa penasaran (curiosity) dan intelegensi. Selain itu adanya faktor ekstrinsik adalah faktor pendukung yang berasal dari luar yang menjadi pendorong untuk menumbuhkan minat baca individu yang bisa didapatkan dari situasi yang dialami ataupun pengaruh dari orang sekitar, antara lain jenis bacaan/genre, lingkungan rumah, lingkungan sekolah dan hal baru yang menyertai minat.

Hal minat dari ragam literasi inilah yang menegaskan generasi produktif untuk membuat ragam terobosan baru dalam bermedia baik dalam membangun minat bakat seperti literasi wirausaha muda dan ragam lainnya. Seperti dengan membangun komunikasi pemasaran generasi melalui media sosial menjadi salah satu bentuk periklanan yang menggunakan media social community. Inilah esensi dari terobosan baru dalam bermedia bagi  generasi untuk tetap produktif di era digital.

***

*)Oleh: Dyah Pikanthi Diwanti, Dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta/Mahasiswa Program Doktor Pengembangan Sumber Daya Manusia Universitas Airlangga.

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

**) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: opini@timesindonesia.co.id

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Rizal Dani

EKORAN

TERBARU

  • Optimalkan Investasi Kawasan Industri, Menko Perekonomian RI Tekankan Daya Saing
    Optimalkan Investasi Kawasan Industri, Menko Perekonomian RI Tekankan Daya Saing
    27/01/2022 - 21:00
  • Premi Asuransi Qoala Plus di Jatim Tumbuh Lima Kali Lipat Sepanjang 2021
    Premi Asuransi Qoala Plus di Jatim Tumbuh Lima Kali Lipat Sepanjang 2021
    27/01/2022 - 20:55
  • Ahmad Basarah Optimistis Ibu Kota Baru Jadi Ikon Persatuan
    Ahmad Basarah Optimistis Ibu Kota Baru Jadi Ikon Persatuan
    27/01/2022 - 20:41
  • PGN Bidik Kerja Sama Peningkatan Pemanfaatan Gas Bumi di Kawasan Industri Jatim
    PGN Bidik Kerja Sama Peningkatan Pemanfaatan Gas Bumi di Kawasan Industri Jatim
    27/01/2022 - 20:35
  • Rakernas AMSI, Kolaborasi Membangun Ekosistem Media Digital Sehat dan Berkelanjutan
    Rakernas AMSI, Kolaborasi Membangun Ekosistem Media Digital Sehat dan Berkelanjutan
    27/01/2022 - 20:21

TIMES TV

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

10/11/2021 - 09:39

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

iGuides

  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00

KOPI TIMES

  • Kepalsuan, Diracik Nama Tuhan
    Kepalsuan, Diracik Nama Tuhan
    27/01/2022 - 16:10
  • Jalan Terjal Tenaga Kerja Lulusan Baru
    Jalan Terjal Tenaga Kerja Lulusan Baru
    26/01/2022 - 18:36
  • Menyulam Demokrasi Sejuk, Menatap Pemilu Kasih Sayang
    Menyulam Demokrasi Sejuk, Menatap Pemilu Kasih Sayang
    26/01/2022 - 13:22
  • Doa Lintas Agama untuk Kepentingan Siapa?
    Doa Lintas Agama untuk Kepentingan Siapa?
    26/01/2022 - 12:34
  • Paradigma Pemikiran dan Kontinuitas Tradisi Intelektual di Pesantren
    Paradigma Pemikiran dan Kontinuitas Tradisi Intelektual di Pesantren
    26/01/2022 - 09:14
  • Makna Tanggal Pemilu 2024
    Makna Tanggal Pemilu 2024
    26/01/2022 - 08:17
  • Dibutuhkan: Guru yang Digugu dan Ditiru
    Dibutuhkan: Guru yang Digugu dan Ditiru
    24/01/2022 - 21:33
  • Kebijakan Presidential Threshold Merupakan Kebebasan Pembentuk Undang-Undang
    Kebijakan Presidential Threshold Merupakan Kebebasan Pembentuk Undang-Undang
    24/01/2022 - 19:20

KULINER

  • Resep Viral Tiktok, Crab Rangoon yang Gurih dan Garing
    Resep Viral Tiktok, Crab Rangoon yang Gurih dan Garing
    27/01/2022 - 10:01
  • Lezatnya Nasi Liwet Sampai Terbawa Mimpi
    Lezatnya Nasi Liwet Sampai Terbawa Mimpi
    27/01/2022 - 06:21
  • Raih Pendanaan Seri A, Perusahaan Kuliner Startup Hangry Mendarat di Surabaya
    Raih Pendanaan Seri A, Perusahaan Kuliner Startup Hangry Mendarat di Surabaya
    25/01/2022 - 14:35
  • Menu Khas Imlek, Paket Classic Chinese Bisa Jadi Pilihan 
    Menu Khas Imlek, Paket Classic Chinese Bisa Jadi Pilihan 
    25/01/2022 - 14:00
  • Gurihnya Rujak Cingur dan Segarnya Cocopandan Ijen Suites Resort & Convention
    Gurihnya Rujak Cingur dan Segarnya Cocopandan Ijen Suites Resort & Convention
    25/01/2022 - 13:13