Peristiwa Nasional

Sandiaga Uno: Sandal Khusus Destinasi Wisata Borobudur akan Diproduksi 

Sabtu, 15 Januari 2022 - 14:49 | 60.24k
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno (foto: Dokumen/Kemenparekraf)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno (foto: Dokumen/Kemenparekraf)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf RI), Sandiaga Uno memaparkan bahwa pemerintah RI serius menjaga kelestarian lingkungan di wilayah Candi Borobudur.

Salah satunya, adalah dengan mengeluarkan kebijakan baru bagi para wisatawan yang hendak masuk. Saat ingin naik ke atas dan menyusuri sepanjang candi Borobudur, wisatawan diwajibkan gunakan sandal khusus.

Produksi sandal khusus ini dilakukan oleh masyarakat setempat. Produksi ditangani langsung oleh pelaku UMKM setempat, dia mendukung segala kegiatan produksi hingga pendanaan.

“Produksi sendal itu diperkirakan membuka sekitar 1.200 lapangan kerja untuk masyarakat setempat. Semoga bisa membantu masyarakat lokal secara ekonomi," kata Sandiaga Uno di Jakarta, Sabtu (15/1/2022).

Sandiaga menjelaskan konservasi di Candi Borobudur sudah masuk dalam program kemenparekraf RI. Oleh karena itu, dia meminta kepada masyarakat agar tidak khawatir, semua dilakukan dengan baik dan sangat ramah lingkungan.

“Konservasi (Candi Borobudur) pasti akan kita prioritaskan dan juga harapannya ini bagian daripada pemenuhan kebutuhan masyarakat karena masyarakat sudah lebih dari dua tahun menghadapi pandemi (COVID-19),” lanjutnya.

Adapun, setelah terkena dampak pandemi covid-19 Borobudur termasuk salah satu destinasi Wisata yang menjadi perhatian khusus pemerintah RI. Sandiaga Uno meminta masyarakat dan pengelola Borobudur bekerjasama agar selama pembukaan.

"Masih ada yang harus diselesaikan untuk kita membuka Candi Borobudur untuk bisa naik ke struktur terbatas pengunjungnya," kata Menparekraf RI Sandiaga Uno. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES