Peristiwa Daerah

Pasar Galekan Banyuwangi Terbakar, 70 Persen Bangunan Dilalap Api

Sabtu, 15 Januari 2022 - 14:13 | 55.05k
Kondisi Pasar Galekan pasca kebakaran (Foto: Hafid Nurhabibi/TIMES Indonesia).
Kondisi Pasar Galekan pasca kebakaran (Foto: Hafid Nurhabibi/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Sekurangnya 70 persen bangunan di Pasar Galekan, Desa Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi lenyap dilalap api, Sabtu (15/1/2022) dini hari.

Hal ini disampaikan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Banyuwangi setelah melakukan evakuasi insiden kebakaran di Pasar Galekan.

"Evakuasi kurang lebih 70 persen bangunan ruko terbakar, termasuk los pasar di dalam. Sehingga yang kita kerahkan ada 7 unit mobil Damkar, satu dibantu BPBD, ditambah bantuan pertamina. Jadi ada 9 mobil damkar," kata Plt Kadis Damkar dan Penyelamatan Banyuwangi, Wawan Yatmadi saat dikonfirmasi awak media.

Sementara itu, Kapolsek Wongsorejo, AKP Sudarso menyebut sekurangnya 140 kios dalam Pasar Galekan hangus terbakar.

"Jumlah kios yang ada di dalam pasar yang terbakar sekitar 100 lebih. Mungkin sampai 140," kata Sudarso.

Dia bercerita, masyarakat pemilik ruko dan kios sempat tergesa-gesa menyelamatkan barang dagangannya, namun tak bisa terhindari, dagangan mereka banyak yang ikut terbakar.

"Namun tidak bisa dihindari barang-barang pedagang yang ada di dalam tentunya sudah banyak yang terbakar," kata Sudarso.

Untuk kerugian total secara keseluruhan, pihak kepolisian masih belum bisa memastikan. Saat ini masih dilakukan pendataan kerugian para pedagang terdampak

"Untuk kerugian belum bisa memastikan, masih proses pendataan kerugian pedagang," pungkasnya mengenai peristiwa kebakaran di Pasar Galekan, Desa Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES