Peristiwa Daerah

Mendes PDTT RI Terkesima Tradisi dan Kelestarian Budaya Desa Sirnaresmi Sukabumi

Sabtu, 15 Januari 2022 - 11:35 | 67.98k
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar (foto: Dokumen/Kemendes)
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar (foto: Dokumen/Kemendes)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI (Mendes PDTT RI) Abdul Halim Iskandar takjub akan kentalnya tradisi adat dan budaya di Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi.

Menurutnya, kelestarian budaya sangat penting untuk terus dijaga, terutama dalam menghadapi arus globalisasi. 

"Saya sangat tersentuh dan berterima kasih dengan penyambutan yang luar biasa ini. Saya kagum dengan tradisi adat istiadat serta keramahan serta kearifan yang ditunjukkan warga desa. Kelestarian budaya ini yang harus dipertahankan, ” ungkapnya saat mengunjungi Desa Sirnaresmi,  Sabtu (15/1/2022).

Disambut Bu Kades Liawati Suwandri dan Sekdes Vilka Mandala serta ratusan warga desa, Gus Halim disuguhi kesenian tradisional Dog-dog lojor.

Gus Halim terlihat tertawa lepas terkesima dengan keramahan warga Desa yang memang dikenal menjunjung tinggi nilai tradisi dengan melestarikan budaya dan kesenian para leluhur. 

Gus Halim lalu menyempatkan diri keliling Desa dan tanpa canggung menyapa dan bercengkrama dengan warga kasepuhan serta melihat langsung aktivitas pertanian yang masih tradisional.

Sekdes Sirnaresmi, Vilka Mandala dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas kunjungan ke Desa Sirnaresmi. 

Menurutnya, dengan terpilihnya Desa Sirnaresmi sebagai lokasi peringatan Sewindu UU Desa adalah bentuk apresiasi yang luar biasa dari pemerintah dalam hal ini Kemendesa PDTT.

"Terima kasih Pak Menteri mau berkunjung dan memperingati sewindu di desanya. Sungguh terhormat atas dipilihnya desa kami sebagai lokasi peringatan Sewindu UU Desa,” ungkapnya.

Sementara itu, warga desa di sela-sela aktivitas pertaniannya sangat antusias menyambut kedatangan Gus Halim. Keramahan juga dirasakan petani yang menjadi lokasi kunjungan Mendesa PDTT.

 "Saya kaget, beliau dengan ramah menyapa kita yang hanya petani biasa. Saya tidak mengira,” ungkap Pak Asep salah satu petani Kasepuhan Sinar Resmi.

Sebagai informasi, ada tiga kawasan kasepuhan yang berada di Desa Sirnaresmi, yaitu kampung adat Kasepuhan Sinar Resmi, Kasepuhan Cipta Mulya dan Kasepuhan Cipta Gelar. Disebut kasepuhan karena kampung ini memiliki model kepemimpinan yang berasal dari adat dan kebiasaan orang tua atau sesepuh.

Kunjungan Gus Halim ke Desa Sirnaresmi adalah dalam rangka memperingati sewindu atau delapan tahun lahirnya Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 (UU Desa).

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) akan menggelar acara peringatan di Kasepuhan Ciptagelar Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, provinsi Jawa Barat (Jabar). 

Dalam kunjungan tersebut, Mendes PDTT RI Gus Halim didampingi Sekjen Taufik Madjid, Dirjen PDP Sugito, Dirjen PEID Harlina Sulistyowati. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES