Wisata

Wajah Baru Sungai Sekanak Palembang, Bikin Betah Pengunjung

Sabtu, 15 Januari 2022 - 13:24 | 86.47k
Suasana Sungai Sekanak pasca revitalisasi (Foto: Fatkur/TIMES Palembang)
Suasana Sungai Sekanak pasca revitalisasi (Foto: Fatkur/TIMES Palembang)

TIMESINDONESIA, PALEMBANGSungai Sekanak Palembang, Sumatera Selatan kini mulai berubah. Jika dulu terlihat kumuh kotor, kini mulai tertata rapi dan bisa membuat betah pengunjung.

Wajah sungai Sekanak memang mengalami perubahan setelah dilakukan revitalisasi oleh Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWS) VIII bersama Pemkot Palembang sejak tahun 2021 lalu.

Pantauan TIMES Indonesia, Sabtu (15/1/2022), revitalisasi yang dilaksanakan sejak 2021 ini hampir paripurna termasuk penataan taman.

Untuk menjaga kebersihan sungai pasca revitalisasi, Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VIII bakal menggelar Festival Sungai Sekanak-Lambidaro untuk mengampanyekan gerakan sungai bersih kepada masyarakat di Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Kegiatan ini akan digelar awal Februari 2022 yang berlokasi di Jalan Brigjen Dhani Effendi - Jalan Radial, Kelurahan 26 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, Kota Palembang.

Sungai Sekanak 2

Kepala BBWSS VIII Maryadi Utama mengatakan festival tersebut berisi kegiatan pelestarian lingkungan, seperti pembersihan sungai, menebar benih dan menanam pohon.

"Kemudian termasuk juga ada pameran kerajinan, parade peragaan busana pemuda dan pemudi Palembang menggunakan perahu tradisional dan kuliner Nusantara," ungkapnya.

Pihaknya berharap ada kebiasaan masyarakat yang berubah untuk merawat sungai yang sudah direvitalitasi, bersih dan tertata rapi. "Ini ke depannya juga menjadi destinasi wisata baru Kota Palembang," ujarnya.

Sementara Pemerintah Kota Palembang menargetkan kawasan Sungai Sekanak-Lambidaro ini sebagai pusat wisata kuliner khas Palembang dan kebudayaan Nusantara.

"Kita akan memindahkan para pelaku UMKM dan seniman-seniman dari pedestrian di Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan 17 Ilir, ke sini,"ungkap Wali Kota Palembang Harnojoyo terkait pengembangan kawasan Sungai Sekanak Palembang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES