Pendidikan

MTs Almaarif 01 Singosari Malang Gali Potensi Siswa SD/MI Melalui AKSI

Sabtu, 15 Januari 2022 - 12:11 | 178.20k
Salah satu peserta AKSI XI saat mengikuti lomba kaligrafi bertempat di MTs Almaarif 01 Singosari Malang. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Salah satu peserta AKSI XI saat mengikuti lomba kaligrafi bertempat di MTs Almaarif 01 Singosari Malang. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGMTs Almaarif 01 SingosariKabupaten Malang menggali potensi siswa SD/MI se-Malang Raya melalui kegiatan AKSI (Ajang Kreativitas dan Seni). Tahun ini, AKSI memasuki tahun ke-11 yang rutin digelar setiap tahun.

Pembukaan Try Out Akbar dan AKSI XI dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Malang Musta'in di Halaman Utama MTs Almaarif 01 Singosari Malang, Sabtu (15/1/2022).

Turut hadir pula, Ketua Dewan Pembina KH Moh. Zannur Habib, Ketua Yayasan Pendidikan Almaarif KH Anas Noor Salim, Kasi Pendma Kemenag Kabupaten Malang Ode Saeni Al Idrus, Pengawas Bina MTs Almaarif 01 Singosari Yuli Nur Rohmawati serta Kepala MTs Almaarif 01 Singosari Dwi Retno Palupi.

MTs Almaarif 01 Singosari 2

"AKSI XI ini luar biasa, Kemenag sangat mendukung. Ini event yang bisa dijadikan momen awal untuk memunculkan potensi siswa sekaligus kompetensi yang dimiliki siswa. Ini meliputi menyeluruh baik unsur akademik maupun non akademik," kata Musta'in.

Ia berharap gelaran positif ini dapat selalu eksis, istiqomah dan berkembang agar menjadi inspirasi bagi madrasah lainnya dalam hal peningkatan kualitas potensi siswa di Malang Raya.

Menurutnya, MTs Almaarif 01 Singosari adalah madrasah yang bagus. Sebab, tren masyarakat kini lebih suka menyekolahkan anaknya sekaligus memondokkan. "80 sampai 90 persen siswa di sini sekaligus santri. Ada sekitar 15 pondok pesantren di sekitar sini dimana siswa bisa memilih," ungkapnya.

Pihaknya meminta MTs Almaarif 01 Singosari terus mewarnai dan membawa nama Kabupaten Malang di tingkat nasional maupun internasional melalui prestasi-prestasi yang membanggakan.

Sementara itu, Kepala MTs Almaarif 01 Singosari Dwi Retno Palupi menjelaskan ada 55 SD/MI terdiri dari 29 SD dan 26 MI dengan total 1.623 peserta.

MTs Almaarif 01 Singosari 3

Untuk menjaga agar Protokol Kesehatan Covid-19 berjalan lancar, pihaknya menyiapkan konsep berbeda dalam pelaksanaan Try Out dengan menjadwal pelaksanaan di lokasi SD/MI, yang dimulai 3 Desember 2021 hingga 14 Januari 2022.

"Sedangkan babak final diambil 3 besar dari masing-masing SD/MI dan hari ini 72 siswa finalis saja yang hadir tatap muka di MTs," ujarnya.

Sedangkan untuk pelaksanaan AKSI diikuti oleh 370 siswa dengan rincian cabang lomba yakni menyanyi islami, kaligrafi, puisi, melukis, MTQ, Tahfidz, catur, tenis meja, pidato bahasa Indonesia dan pidato bahasa Inggris. "Jumlah peserta tahun ini terbanyak daripada tahun-tahun sebelumnya," jelasnya.

Sebagai apresiasi, MTs Almaarif 01 Singosari memberikan hadiah berupa tropi, piagam penghargaan, dan tabanas untuk para pemenang. Mereka juga memperebutkan piala bergilir AKSI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES