Peristiwa Nasional

Menag RI Gus Yaqut Usulkan Perpres Tentang Pembentukan FKUB Pusat

Sabtu, 15 Januari 2022 - 10:37 | 32.34k
Menag RI Gus Yaqut saat membuka Dialog Penguatan Moderasi Beragama Menyambut Tahun Toleransi 2022. (Foto: Dok. Kemenag)
Menag RI Gus Yaqut saat membuka Dialog Penguatan Moderasi Beragama Menyambut Tahun Toleransi 2022. (Foto: Dok. Kemenag)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas (Menag RI Gus Yaqut) menegaskan jika Kementerian Agama RI (Kemenag RI) telah mengusulkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang pembentukan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) pusat.

Hal itu disampaikan Menag RI saat membuka Dialog Penguatan Moderasi Beragama Menyambut Tahun Toleransi 2022 yang digelar di Kanwil Kemenag Bali pada Jumat (14/01/2022) kemarin.

"Semoga dalam waktu dekat Perpres ini disetujui oleh Presiden Joko Widodo sehingga bisa diresmikan FKUB di tingkat pusat," kata Menag dilansir dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (15/01/2022).

Menurut Menag, banyak sekali persoalan keagamaan yang kemudian tidak dapat diselesaikan dengan baik dan membutuhkan intervensi di tingkat pusat dalam menyelesaikan masalah keagamaan tersebut. "karena selama ini FKUB hanya di tingkat provinsi," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menag meresmikan Rumah Pelayanan Agama dan Keagamaan Kanwil Kemenag Bali yang ditandai dengan penandatangan prasasti dan juga mengisi episode Sukma Podcast bertajuk Penguatan Moderasi Beragama menyambut Tahun Toleransi 2022 di studio Kanwil Kemenag Bali.

Turut hadir dalam dialog tersebut, Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati, Ketua FKUB Indonesia dan Provinsi Bali Ida Penglingsir Agung Putra Sukahe, Kakanwil Kemenag Bali Komang Sri Marheni, Ketua FKUB tokoh lintas agama, para KUA dan Penyuluh se Bali.

Sementara itu Menag RI Gus Yaqut didampingi oleh Staf Khusus, Staf Ahli dan Tenaga Ahli Menag, di antaranya: Abdul Rochman, Nuruzzaman, Wibowo Prasetyo, Hasanuddin, Hasan Basri, dan Abdul Qodir. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES