Peristiwa Daerah

Mengintip Sosok Kajari Kota Banjar yang Dicintai Masyarakat

Sabtu, 15 Januari 2022 - 06:44 | 23.99k
Mengintip Sosok Kajari Kota Banjar yang Dicintai Masyarakat
Kajari Banjar, Ade Hermawan, SH, MH selalu memberikan ide dan kontribusi untuk kemajuan Kota Banjar (foto: Susi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJAR – Sejak bertugas pada 20 April 2020 silam, kinerja Kepala Kejaksaan Negeri atau Kajari Kota Banjar,H Ade Hermawan SH MH menjadi sorotan publik.

Pasalnya, pimpinan lembaga dengan simbol timbangan tersebut dikenal humble dan selalu terbuka dengan siapapun yang memerlukan jasa konsultasi terkait hukum. Sejak memimpin pasukan berseragam coklat, Kajari banyak melakukan perombakan sistem maupun infrastruktur di ruang lingkup kantornya.

Sebut saja perubahan gerbang masuk yang kini di pindahkan ke sebelah barat dengan pertimbangan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan. Tersedia juga kantin di depan masjid untuk sekadar melepas lapar dan memesan kopi.

Kejari Kota Banjar juga menyiapkan ruang sidang secara khusus untuk saksi maupun terpidana agar lebih privasi saat menjalankan pemeriksaan. "Saya juga menegaskan agar pelayanan dipercepat tidak perlu molor atau berlama-lama demi kepuasan masyarakat yang datang ke kejaksaan," ujar Ade Hermawan.

Bahkan demi melindungi pengunjung maupun pegawai saat beraktivitas di Toilet, di sini diterapkan toilet perempuan dengan menggunakan sistem fingerprint.

Kajari Banjar 2

Ade lahir di Cilegon pada tanggal 16 Okteber 1971 ini pertama berkarir di Rangkasbitung, Kabupaten Banten. Ayah dari tiga putra putri ini memiliki perjalanan panjang dalam menjalankan karirnya di dunia kejaksaan. 

Pria yang berdomisili di Cirebon ini merupakan anak pertama dari 5 bersaudara ini lahir dari keluarga Polri. Cita-citanya untuk meneruskan jejak sang ayahanda berhasil digapainya tatkala pria berkumis tipis ini berhasil masuk di instansi berlambang timbangan.

"Dari situ saya mengikuti pendidikan jaksa Tahun 2000 dan mendapat tugas pertama di Rangkasbintung dan pada 2001 saya kembali ditugaskan di NTT kemudian Pindah ke Tasikmalaya pada Tahun 2003," urainya.

Tepat pada tahu 2007 Ade dipindahkan ke Kota Bekasi dan Tahun 2009 dipindahkan ke Tarakan Kalimantan Utara. Kemudian Tahun 2012 Ade pindah ke Kejati Kaltim. "Kemudian Tahun 2018 saya menjadi Kajari di Wakatobi sampai akhirnya Tahun 2020 lalu dituugaskan di Kota Banjar," paparnya.

Menurutnya, Kota Banjar merupakan penempatan tuga yang kesepuluh. Selama bertugas dan semua tempat sempat dihabiskannya sebagai pengabdi Negara sangat memiliki kesan. "Karena kita bisa mengenal berbagai budaya dan ragam karakter penduduknya yang membuat kami sangat berkesan dengan semuanya," terangnya.

Menurut Kajari, Kota Banjar sendiri dinilainya sangag strategis. Karena selain daerah lintasan menuju Jawa Tengah, Kota Banjar juga merupakan penyanga objek wisata Kabupaten Pangandaran.

 "Tentunya sebagai daerah strategis, kita harus pandai memanfaatkan momen agar Kota Banjar tidak tergerus oleh pariwisata di Pangandaran," ujarnya.

Kajari menjabarkan, Kota Banjar tidak bisa mengalahkan pariwisata seperti Pantai Pangandaran, tapi sebagai daerah penyangga, Kota Banjar harus jeli menangkap peluang yang bisa menyedot wisatawan untuk singgah terlebih dahulu ke kota Banjar sebelum menuju Pantai Pangandaran.

"Kita punya beberapa objek wisata alam yang natural dan bisa di kolaborasikan dengan event-event menarik sehingga Kota Banjar bisa menjadi salah satu kota tujuan wisatawan untuk singgah terlebih dahulu di sini," usulnya.

Ade berharap Kota Banjar dapat mulai membuat perencanaan agar bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang memiliki daya tarik tersendiri.

"Kita punya Situ Leutik, Situ Mustika, Lembah Pejamben, Labirin dan beberapa spot wisata menarik lainnya. Mari kita kolaborasikan denga berbagai event yang harus masuk ke kalender.event demi menarik para wisatawan," katanya.

Kalender event inilah yang nantinya bakal menarik minat wisatawan untuk datang ke Kota Banjar karena selain even budaya, even olah raga, even mancing, lomba mancing mania, atau even merpati dan even menarik lainnya sudah didukung pula oleh akomodasi penginapan yang bagus, tempat hiburan di cafe yang tak kalah instagramable .

"Kalau bisa, buatkan even secara rutin tiap bulannya untuk dilaksanakan secara kontinyu di Kota Banjar. Dengan begitu, pengunjung akan berdatangan dan industri pariwisata nantinya akan diuntungkan dengan berbagai event tersebut sehingga ujungnya selain memperkenalkan Kota Banjar sebagai kota event, PADnya juga akan masuk ke kas daerah dan masyarakat akan lebih makmur setelahnya," katanya.

Inilah alasannya, sepak terjang Kajari Kota Banjar begitu di elu-elukan masyarakat mulai dari kalangan bawah, LSM, awak media sampai birokrasi sekalipun.

Kepeduliannya terhadap masyarakat Kota Banjar membuatnya dikenal sebagai sosok yang humble dan mampu berbaur dengan berbagai kalangan masyarakat tanpa mengurangi wibawanya sebagai APH (Aparat Penegak Hukum).

Prinsipnya hanya satu, hal itu disampaikan secara eksklusif kepada TIMES Indonesia diruang kerjanya. "Buat saya, bekerjalah sebaik-baiknya dan jangan menutup mata atas permasalahan yang terjadi," tandasnya.

Hal tersebut dibuktikannya dengan banyak peran yang diambilnya untuk mencarikan berbagai solusi dari masalah yang dihadapi Pemerintah Kota Banjar.

Kajari sempat memediasi relawan ODGJ dan instansi terkait guna menjembatani persoalan penanganan ODGJ di Kota Banjar. Bahkan dirinya menawarkan mobil tahanan untuk digunakan sebagai operasional para relawan saat akan mengevaluasi pasien ODGJ ke RSJ.

Bukan itu saja, selain aktif dalam penanganan Pandemi, Kajari juga membuka diri bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan karena kesulitan ekonomi. Setiap Rabu, klinik di Kejaksaan juga dibuka untuk umum bekerjasama dengan Dinas Kesehatan agar masyarakat setempat dapat menikmati fasilitas kesehatan secara gratis.

 "Kami juga menyediakan ruang konsultasi hukum bagi masyarakat untuk berkonsultasi dengan kami sebagai pengacara Negara agar bisa membantu masalahnya," imbuh Kajari Kota Banjar, Ade Hermawan. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

EKORAN

TERBARU

  • Selama Tahun 2021, 3 Juta Lebih Wisatawan Kunjungi Kota Cirebon
    Selama Tahun 2021, 3 Juta Lebih Wisatawan Kunjungi Kota Cirebon
    27/01/2022 - 18:46
  • Audiensi dengan Wabup Malang, Begini Harapan Pengurus ESI Kabupaten Malang
    Audiensi dengan Wabup Malang, Begini Harapan Pengurus ESI Kabupaten Malang
    27/01/2022 - 18:38
  • MyEduSolve Gandeng ITS Gelar Microsoft & Adobe National Championship 2022
    MyEduSolve Gandeng ITS Gelar Microsoft & Adobe National Championship 2022
    27/01/2022 - 18:25
  • Pemkab Lamongan Beri Ruang Gerak Disabilitas untuk Salurkan Inovasi dan Kreativitas
    Pemkab Lamongan Beri Ruang Gerak Disabilitas untuk Salurkan Inovasi dan Kreativitas
    27/01/2022 - 18:17
  • Kisah Megawati Protes ke Bung Karno Gegara Teman Sekolahnya
    Kisah Megawati Protes ke Bung Karno Gegara Teman Sekolahnya
    27/01/2022 - 18:12

TIMES TV

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

10/11/2021 - 09:39

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

iGuides

  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00

KOPI TIMES

  • Kepalsuan, Diracik Nama Tuhan
    Kepalsuan, Diracik Nama Tuhan
    27/01/2022 - 16:10
  • Jalan Terjal Tenaga Kerja Lulusan Baru
    Jalan Terjal Tenaga Kerja Lulusan Baru
    26/01/2022 - 18:36
  • Menyulam Demokrasi Sejuk, Menatap Pemilu Kasih Sayang
    Menyulam Demokrasi Sejuk, Menatap Pemilu Kasih Sayang
    26/01/2022 - 13:22
  • Doa Lintas Agama untuk Kepentingan Siapa?
    Doa Lintas Agama untuk Kepentingan Siapa?
    26/01/2022 - 12:34
  • Paradigma Pemikiran dan Kontinuitas Tradisi Intelektual di Pesantren
    Paradigma Pemikiran dan Kontinuitas Tradisi Intelektual di Pesantren
    26/01/2022 - 09:14
  • Makna Tanggal Pemilu 2024
    Makna Tanggal Pemilu 2024
    26/01/2022 - 08:17
  • Dibutuhkan: Guru yang Digugu dan Ditiru
    Dibutuhkan: Guru yang Digugu dan Ditiru
    24/01/2022 - 21:33
  • Kebijakan Presidential Threshold Merupakan Kebebasan Pembentuk Undang-Undang
    Kebijakan Presidential Threshold Merupakan Kebebasan Pembentuk Undang-Undang
    24/01/2022 - 19:20

KULINER

  • Resep Viral Tiktok, Crab Rangoon yang Gurih dan Garing
    Resep Viral Tiktok, Crab Rangoon yang Gurih dan Garing
    27/01/2022 - 10:01
  • Lezatnya Nasi Liwet Sampai Terbawa Mimpi
    Lezatnya Nasi Liwet Sampai Terbawa Mimpi
    27/01/2022 - 06:21
  • Raih Pendanaan Seri A, Perusahaan Kuliner Startup Hangry Mendarat di Surabaya
    Raih Pendanaan Seri A, Perusahaan Kuliner Startup Hangry Mendarat di Surabaya
    25/01/2022 - 14:35
  • Menu Khas Imlek, Paket Classic Chinese Bisa Jadi Pilihan 
    Menu Khas Imlek, Paket Classic Chinese Bisa Jadi Pilihan 
    25/01/2022 - 14:00
  • Gurihnya Rujak Cingur dan Segarnya Cocopandan Ijen Suites Resort & Convention
    Gurihnya Rujak Cingur dan Segarnya Cocopandan Ijen Suites Resort & Convention
    25/01/2022 - 13:13