Peristiwa Daerah

KPH Pasuruan Laporkan 3 Satwa Dilindungi Kabur dari Penangkaran

Jumat, 14 Januari 2022 - 23:12 | 43.11k
Rusa Timor jantan berusia 7 yang telah ditemukan dalam kondisi stres dan sedikit luka lecet, Jumat (14/1/2022) (Foto: Theo/TIMES Indonesia)
Rusa Timor jantan berusia 7 yang telah ditemukan dalam kondisi stres dan sedikit luka lecet, Jumat (14/1/2022) (Foto: Theo/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO – Tiga rusa Timor dilaporkan kabur dari unit penangkaran KPH Pasuruan di Wana Wisata Air Panas Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. 1 rusa Timor berkelamin jantan berusia 7 tahun sebelumnya telah ditemukan pada Kamis, (13/1/2022) malam. 2 rusa Timor betina lain sedang dalam masa pencarian.

Administratur KPH Pasuruan, Agus Ahmad Fadoli mengatakan berencana untuk menggunakan tembak bius dalam upaya pencarian 2 rusa Timor lainnya.

"Kami sudah berkoordinasi lagi dengan BKSDA nanti, mudah-mudahan segera kita temukan jejaknya. Nanti kita minta BKSDA untuk tembak bius, kita lemahkan dengan tembakan," ujar Agus, Jumat (14/1/2022).

Dihubungi terpisah, Pengendali Ekosistem Hutan Resort Konservasi 9 Mojokerto Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur Fajar Dwi Nur Aji mengungkapkan kondisi rusa Timor yang berhasil ditemukan. Kondisi saat ini mengalami stress, beberapa luka, dan kecapekan.

"Kelihatan waktu ketangkap itu keliatan agak sedikit stres dan luka lecet karena memang ketika ditangkap, ia berada di posisi gorong-gorong," ujar Fajar kepada awak media, Jumat (14/1/2022).

Saat ini 1 rusa yang telah diselamatkan berada di Penangkaran Koperasi Wana Raharja Dinas Kehutanan Provinsi Jawa timur di wilayah Tanah Hutan Raya (Tahura) Raden Soejo, Desa Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto untuk proses penyembuhan.

Rusa-Timor-2.jpgPenangkaran Koperasi Wana Raharja Dinas Kehutanan Provinsi Jawa timur di wilayah Tanah Hutan Raya (Tahura) Raden Soejo, Desa Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jumat (14/1/2022) (Foto: Theo/TIMES Indonesia)

"Terkait 2 rusa yang di luar kandang kebetulan masyarakat sini sudah menerima, dalam artian kondisi rusa itu memang seringkali di luar kandang karena memang kondisi penangkaran (KPH Pasuruan kurang terawat)," terangnya.

Di sisi lain dikarenakan rusa kabur ini berlokasi di tempat pariwisata, Site Manager Wana Wisata Padusan Furqon Mudzakir merespon. Ia mengungkapkan bahwa rusa yang kabur ini bukan wewenangnya.

"Itu bukan ranah kami, itu KPH Pasuruan. Jadi rusa itu punya KPH Pasuruan. Jadi kami dari KBM Ekowisata Jatim tidak punya wewenang untuk mengurus rusa itu," ungkap Furqon kepada TIMES Indonesia, Jumat (14/1/2022).

Seperti diberitakan sebelumnya, rusa Timor berkelamin jantan berusia 7 tahun diselamatkan dari gorong-gorong pemukiman warga Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Prosesi penyelamatan rusa jantan yang kabur dari penangkaran KPH Pasuruan ini dilakukan oleh berbagai pihak dengan cara manual menggunakan tali karmantel. Evakuasi dilakukan selama 10 menit. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES