Peristiwa Daerah

Cuaca Ekstrem, BPBD Jombang Imbau Masyarakat Selalu Waspada

Jumat, 14 Januari 2022 - 17:40 | 58.55k
Ilustrasi- Cuaca ekstrem yang menyebabkan banjir di Jombang. (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)
Ilustrasi- Cuaca ekstrem yang menyebabkan banjir di Jombang. (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Akhir-akhir ini terjadi cuaca ekstrem yang disebabkan oleh La Nina di Samudra Hindia dan Pasifik. Cuaca yang tidak menentu ini diprediksi BMKG akan berakhir pada akhir bulan Februari 2022 mendatang.

Oleh karena itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jombang imbau warga agar tetap waspada.

Peppy, Penanggungjawab Operasi Lapangan BPBD Jombang mengatakan, di Kabupaten Jombang sendiri sudah terjadi bencana akibat cuaca ekstrem yang tidak menentu tersebut seperti banjir dan angin puting beliung.

"Maka kami, mengimbau agar masyarakat selalu waspada dan selalu menjaga kesehatan pribadi," katanya, Jum'at (14/1/2022).

Lanjut Peppy menjelaskan, dampak yang ditimbulkan dari La Nina yaitu cuaca ekstrem yang memungkinkan terjadinya peristiwa alam yang tidak bisa dicegah seperti hujan lebat, angin kencang atau puting beliung dan bahkan bisa menyebabkan banjir.

"Kami dari BPBD juga sudah bersiaga. Namun, masyarakat juga harus waspada karena bencana bisa datang secara tiba-tiba," ujarnya.

Seperti yang diketahui, melansir dari siaran pers BMKG Juanda yang diterima pada Jumat (14/1/2022), adanya pusat tekanan rendah yang berada di selatan Jawa Timur menyebabkan terbentuknya daerah pertemuan masa udara di wilayah Jawa Timur.

Adanya faktor suhu muka laut yang masih cukup hangat juga sangat berpengaruh dalam menyuplai massa uap air ke atmosfer. Kondisi ini berpengaruh dalam pembentukan awan-awan Cumulonimbus.

Masyarakat diimbau supaya tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti potensi banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

Masyarakat juga perlu mewaspadai cuaca ekstrem dengan menguatnya angin muson Barat di bulan Januari yang dapat memicu potensi gelombang tinggi di wilayah perairan Jawa Timur, khususnya di laut Jawa bagian timur dan Samudera Hindia Selatan Jawa Timur.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES