Wisata

Kuatkan Identitas Kampoeng Heritage Kajoetangan dengan Konsep Retropolitan

Jumat, 14 Januari 2022 - 15:07 | 126.05k
Kampoeng Heritage Kajoetangan (Foto: Dok. TIMES Indonesia)
Kampoeng Heritage Kajoetangan (Foto: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Jalan-jalan ke Kota Malang belum lengkap rasanya jika tidak menunjungi destinasi wisata sejarah, yaitu Kampoeng Heritage Kajoetangan. Kampung ini memiliki keunikan yang membuatnya dinobatkan menjadi salah satu warisan budaya Kota Malang di 22 April 2018. Lokasinya berada di Jalan Arif Rahman Hakim, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.  

Wisata sejarah ini selalu mengingatkan pengunjung akan kondisi masa lalu. Kondisi bangunan tua di jaman Belanda masih tertata sesuai dengan bentuk aslinya. Ini yang menjadi daya tarik utama.

Upaya yang dilakukan pengelola Kampung Kajoetangan dalam memperkuat identitas asli salah satunya dengan mengadakan kolaborasi acara. Dalam bulan ini, Kampung Heritage Kajoetangan, NAVA+ Group, serta Universitas Brawijaya Malang mengadakan lomba video kretif. Tema besar yang diambil adalah mengenai penguatan identitas Kampung Heirtage Retropolitan Kajoetangan melalui kuliner, art and culture, history, arsitektur, hingga religi.

Kata “Retro”artinya mengenang karya cipta yang mengingatkan kembali gaya masa lalu. Sedangkan “Politan” berasal dari kata metropolitan yang artinya kota dengan intensitas sosial yang tinggi. Jadi maksud dari tema Retropolitan adalah mengenang masa lalu melalui eksplorasi Kota Malang yang progresif, inovatif, dan kreatif. Dengan harapan, peserta dalam event lomba ini nantinya dapat mengekplorasi  Kampoeng Kajoetangan dengan maksimal melalui sebuah video kreatif.

Lomba-Video-Kreatif-Kampoeng-Heritage-Kajoetangan.jpg

Pelaksana memilih konsep Retropolitan karena hal tersebut cocok dengan Kampung  Heritage Kajoetangan. Mengingat, Belanda di zaman dahulu pernah menjadikan Kajoetangan Malang sebagai kota yang modern dan pusat perekonomian. Oleh karena itu, Kampung Kajoetangan dapat memberikan pengalaman romantisme tempo dulu lewat wisata lintas masa ditambah budaya jadul  dengan kolaborasi masa modern.

Lomba video kreatif ini berlangsung mulai tanggal 13 Januari 2022. Tidak hanya menuai kebanggan saja nih dalam mengikuti lombanya. Anda akan mendapatkan penghargaan lain berupa uang tunai yang cukup besar loh! Jangan sampai kelewatan ya, yuk daftarkan diri kalian dan raih kesempatan untuk menang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES