Wisata

Menparekraf RI Dorong Anak Muda Kembangkan Industri Kreatif di Indonesia Timur

Jumat, 14 Januari 2022 - 15:11 | 44.96k
Menparekraf Sandiaga Uno saat menjadi pembicara di LOKALATE Ngopinspirasi Summit 2022 secara virtual. (Foto: Tangkapan layar Zoom Meeting)
Menparekraf Sandiaga Uno saat menjadi pembicara di LOKALATE Ngopinspirasi Summit 2022 secara virtual. (Foto: Tangkapan layar Zoom Meeting)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf RI) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi industri kreatif yang luar biasa termasuk di Indonesia Timur.

Hal tersebut disampaikan Menparekraf saat menjadi pembicara LOKALATE Ngopinspirasi Summit 2022 secara virtual pada Jumat (14/01/2022) yang diikuti ratusan anak muda Indonesia khusus wilayah Indonesia Timur yang berani mengembangkan potensi diri terbaik untuk mendukung perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia Timur.

“Di tingkat dunia, kontribusi industri ekonomi kreatif Indonesia terhadap produk domestik bruto (PDB) berada di posisi tiga besar, setelah Amerika Serikat dengan industri Hollywood dan Korea Selatan dengan K-Popnya,“ ucap Menparekraf Sandiaga Uno.

Dalam kegiatan yang bertemakan 'Unleashing Youth Potential in Eastern Indonesia', ini, Sandiaga mengatakan, Indonesia Timur punya peluang yang luar biasa untuk sektor ekonomi kreatif.

sandie8b1aa1c84a87ae1.jpgMenparekraf dengan para pembicara lainnya. (Foto: Tangkapan layar Zoom Meeting) 

Menurutnya, Pemerintah Indonesia ingin mendorong pelaku-pelaku industri kreatif untuk melakukan strategi inovasi, adaptasi, dan kolaborasi yang tentunya berkolaborasi dengan berbagai sektor termasuk dengan Nutrifood dam LOKALATE.

“Saya optimis, dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia, bersama-sama kita dukung kebangkitan sektor ekonomi kreatif dan pariwisata di Indonesia,“ ujarnya.

Tak hanya itu, Menparekraf juga menjelaskan, ekonomi kreatif di Indonesia berperan besar dalam menciptakan lapangan kerja, di mana 41,5% berasal dari sektor kuliner, 17,5% dari sektor fashion, dan 15% dari kerajinan tangan.

Menparekraf mengajak seluruh masyarakat untuk bangkit dari tantangan di masa Pandemi Covid-19 ini. “Mari kita Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama), dan Gaspol (Garap Semua Potensi Online),” pungkas Menparekraf.

Selain Menparekraf RI Sandiaga Uno, turut hadir sebagai pembicara, CEO Nutrifood, Mardi Wu, Brand Manager LOKALATE, Jesaya Christian, HR Manager Nutrifood, Dian Mariani, Head of Division Area Marketing Nutrifood Nina Agustriana dan putra asal Papua yang merupakan penerima Beasiswa LPDP dan tengah menempuh pendidikan S2 di Marshall University Amerika Serikat, Isach Samuel Kbarek. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES