Peristiwa Daerah

Sekdis Disdikbud Pemkab Tasikmalaya Belajar Kerja Tim dari Lebah

Jumat, 14 Januari 2022 - 14:26 | 81.52k
Opan Sopian S.Pd, M.Pd,M.SI., Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tasikmalaya.( Foto.Anton/ TIMES Indonesia)
Opan Sopian S.Pd, M.Pd,M.SI., Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tasikmalaya.( Foto.Anton/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TASIKMALAYA – Opan Sopian S.Pd, M.Pd,M.SI., sekarang menduduki jabatan sebagai Sekdis atau Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pemkab Tasikmalaya, yang harus terbangun di awal seperti berguru ke lebah.

"Lebah itu membangun sebuah tim work atau kerja tim, jadi dimana pun harus di sesuaikan dengan tim work. Yang memang sesuai dengan kapasitas dan
keperluannya," ucap Opan Sopian kepada TIMES Indonesia, saat ditemui di kantor, Jum'at (14/1/2022).

Menurut Opan Sopian, Sekdis Dinas Pendidikan dan Kebudayaan itu hanya pada sektor kiri seperti, Kasubag Keuangan, Kasubag evaluasi program dan Kasubag  evaluasi pelaporan serta  Kepegawaian.

"Makanya ketika tim work di sekertariat, kalau solid maka akan berefek bagus pada bidang -bidang yang terkait.Karena salah satu fungsi sekertaris juga ada fungsi koordinasi,"kata Opan Sopian yang baru sebulan menjabat sebagai Sekdis.

Opan menyebutkan,rumus ketika di ke satuan organisasi atau Dinas Pendidikan adalah tipe A besar atau termasuk tipe wajib ada dan itu harus di bangun tim work nya.Mulai dari Sekolah, Kepegawaian, surat menyurat umumnya, pelaporan dan berjenjang.Tetapi itu kalau memang jenjang tidak copong,kalau jenjang nya copong atau rontok di sala satu  maka itu harus diambil sikap.

"Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya ini, harus mengurus sebanyak 1090 SDN dan 20 SD swasta, SMPN 137 dan 144 SMP Swasta,"ungkapnya.

Apalagi sekarang dengan tidak adanya UPTD Pendidikan ditingkat Kecamatan, lembaga yang melaksanakan kebijakan pemerintah Kabupaten dalam bidang pendidikan dan merupakan perpanjangan tangan Dinas Pendidikan.

"Hal itu akan berat,bagaimana koordinasi dan komunikasi.Tapi kita punya strategis baru dengan harus menguatkan  Pengawas, sehingga pola koordinasi, komunikasi yang di sekolah -sekolah akan dilakukan oleh Pengawas,"kata Opan Sopian Sekdis Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemkab Tasikmalaya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES