Peristiwa Daerah

Pemkab Bandung Terima 55 Sertifikat Aset Lahan

Jumat, 14 Januari 2022 - 14:20 | 35.67k
Bupati Bandung Dadang Supriatna menerima 55 sertifikat lahan aset dari Kantah Kab Bandung, di Rumah Jabatan Bupati Bandung, Soreang, Jumat (13/1/2022). (Foto: Diskominfo for TIMES Indonesia)
Bupati Bandung Dadang Supriatna menerima 55 sertifikat lahan aset dari Kantah Kab Bandung, di Rumah Jabatan Bupati Bandung, Soreang, Jumat (13/1/2022). (Foto: Diskominfo for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDUNGPemkab Bandung menerima 55 sertifikat lahan aset dari Kantor Pertanahan Kabupaten Bandung, di Rumah Jabatan Bupati Bandung, Soreang, Jumat (13/1/2022).

Sertifikat lahan meliputi lahan sekolah, Taman Pemakaman Umum (TPU), gedung, lahan pertanian dan kebun.

Bupati Bandung Dadang Supriatna menilai, penyerahan sertifikat tersebut dapat menjadi upaya dalam akselerasi pembangunan di Kabupaten Bandung.
“Momen ini dapat menjadi tonggak untuk menyatukan gerak langkah serta kolaborasi dalam mendorong percepatan pencapaian pembangunan,” ucap bupati.

Dadang Supriatna mengimbau seluruh perangkat daerah, pemerintah kecamatan hingga desa untuk terus mensosialisasikan pentingnya sertifikat aset kepada masyarakat.

“Sertifikat tanah sangat penting, sebagai dasar bukti kepemilikan yang sah. Sertifikat ini memiliki kekuatan hukum, otomatis akan mengurangi sengketa di tengah masyarakat. Oleh karenanya, saya berharap seluruh masyarakat memiliki legalitas pada aset yang dimilikinya,” harap bupati.

Kepala Kantor (Kakan) Pertanahan Kabupaten Bandung, Julianto menyebutkan, di tahun 2021 ada sekitar 380 aset Pemkab Bandung yang terdaftar.

“Keseluruhan penyerahan sertifikat di bulan November dan Desember berjumlah 134. Sisanya masih dalam proses karena memang butuh ketelitian, jangan sampai terjadi gugat menggugat di kemudian hari,” ungkap Julianto.

Di tahun yang sama, pihaknya juga menargetkan sebanyak 106.000 Peta Bidang Tanah (PBT) terukur.

“Karena terdapat kendala, jadi SHP (Sertifikat Hak Pakai) baru ada sekitar 95.000. Kami akan sisir. Jika anggaran sudah turun, kami akan langsung gerak,” kata Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bandung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES