Peristiwa Nasional

Ke Lumajang, Wapres Sebut Relokasi Semeru Sebagai Smart Village

Jumat, 14 Januari 2022 - 12:01 | 44.16k
Wapres RI, KH. Ma'ruf Amin, bersama Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, di lokasi relokasi semeru. (FOTO: Ryan/TIMES Indonesia)
Wapres RI, KH. Ma'ruf Amin, bersama Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, di lokasi relokasi semeru. (FOTO: Ryan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LUMAJANGWapres RI Ma’ruf Amin, mengunjungi lokasi relokasi erupsi Gunung Semeru, di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Jumat (14/1/2022). Dalam kunjungan kerjanya ini, Wapres melihat desain, hingga bangunan percontohan hunian sementara, yang telah disiapkan oleh Pemkab Lumajang.

Relokasi erupsi semeru ini mendapatkan apresiasi berbagai pihak. Termasuk Wapres RI. Menurut wapres, penanganan relokasi yang dilakukan oleh Pemkab Lumajang bersama sejumlah pihak, merupakan penanganan paling cepat dari penanganan bencana lain di indonesia. Hunian sementara yang kini tengah dalam proses pembangunan ini, akan dimanfaatkan sebagai bangunan dapur. Jika bangunan hunian tetap selesai dibangun oleh pemerintah.

“Selain prosesnya yang cepat, relokasi ini bisa menjadi penanganan bencana percontohan. Karena konsep dan pembangunan huniannya memenuhi standar perumahan pada umumnya. Semacam Smart Village,” kata Wapres.

Selain mengecek sejumlah bangunan hunian penyintas erupsi semeru, wapres juga sempat berdialog dengan para penyintas. Yang hingga kini masih tinggal di posko pengungsian terpusat. Sembari menunggu pembangunan hunian sementara selesai dilakukan.

KH Maruf Amin aWapres sampaikan apresiasi penanganan bencana erupsi semeru. (FOTO: Ryan/TIMES Indonesia)

Selain hunian, pemerintah juga akan menyiapkan berbagai fasilitas umum dan fasilitas sosial. Seperti pasar, sanitasi air bersih, lapangan olah raga, rumah ibadah hingga kandang ternak terpadu.

“Seluruh bangunan fasum, fasos dan hunian ini ditargetkan selesai dalam kurun waktu satu setengah bulan kedepan. Agar masyarakat bisa segera membangun dan menjalani kehidupan seperti sediakala,” imbuhnya.

Turut dalam kunjungan kerja wapres, yakni Kepala BPNPB, Suharyanto, Wakil Menteri KLHK, Alue Dohong, Sekjend Kementerian PUPR, Mohammad Zainal Fatah dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Seperti diketahui, bencana erupsi Gunung Semeru pada 4 Desember 2021 lalu, mengakibatkan 59 korban jiwa dan 7.063 warga mengungsi. Bahkan, kerusakan akibat bencana ini sedikitnya 1.027 rumah. Termasuk satu fasilitas kesehatan, dua puluh lima fasilitas pendidikan, sembilan belas rumah ibadah, dan dua jembatan rusak parah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES