Wisata

4 Destinasi Wisata Kampung Tematik di Malang yang Ngehits dan Menarik

Jumat, 14 Januari 2022 - 08:36 | 118.69k
Kampung Arema. (Instagram.com/@yovi_prasetyo)
Kampung Arema. (Instagram.com/@yovi_prasetyo)

TIMESINDONESIA, MALANGWisata kampung tematik di Malang bisa menjadi agenda Anda dan keluarga untuk dieksplorasi. Dengan suasana yang sejuk, membuat perjalanan semakin terasa berkesan dan menyenangkan. Tidak hanya dianugerahi berbagai macam pesona alam indah, wisata kampung buatan Malang juga semakin bertambah banyak.  

Sama seperti daerah lain, Kota Malang terus berupaya menghadirkan tempat rekreasi terbaiknya untuk bisa menarik perhatian wisatawan. Seperti wisata buatan Malang yang mampu membuat liburan Anda tidak membosankan dan semakin seru. Paling cocok dikunjungi bersama keluarga dan kerabat dekat. 

Deretan Tempat Kampung Tematik di Malang Yang Ngehits

Tanpa panjang lebar, kalau begitu mari disimak pembahasan selengkapnya di bawah ini:

1. Kampung Warna Warni

Sebelum ramai dikunjungi ratusan wisatawan setiap harinya, dahulunya tempat ini hanya sekedar perkampungan kumuh di bantaran Sungai Brantas. Namun, berkat pemolesan yang pas mengubahnya menjadi salah satu objek wisata ngehits di Malang. 

Di Kampung Jodipan ini terdapat sekitar 107 rumah dan dicat dengan 17 warna beragam. Lokasinya sendiri berada di Gang 1, Jodipan, Desa Kesatrian, Kecamatan Blimbing, Malang. Bukan sekedar perumahan warga yang warna-warni, daya tarik juga berasal dari jembatan kaca dan hiasan mural. 

2. Kampung Glintung Go Green

Ini dia wisata buatan Malang yang paling cocok menjadi tempat rekreasi bersama keluarga. Glintung Go Green adalah kampung di Jl Glintung Kota Malang yang bernuansa tanaman hidroponik. Tanaman itu memanfaatkan jalan masuk kampung.

Di sini Anda juga bisa menikmati menikmati berbagai ilmu dasar tanaman dan proses penyerapan air tanah melalui sumur-sumur resapan yang banyak dibuat di sepanjang jalan kampung ini.

Kampung ini diinisiasi oleh Bambang Irianto, penerima penghargaan Kalpataru dari Presiden Jokowi. Mantan ketua RW di kampung ini memberi inspirasi pada warganya untuk menanam tanaman dan mengembalikan air ke bumi.

Lewat tangan dinginnya pula, kampung Glintung Go Green banyak menjadi tempat studi banding pengembangan kampung tematik di seluruh Indonesia.

3. Kampung Arema

Bicara soal kota Malang, tentu tidak bisa lepas dari Aremania. Apabila Anda dan keluarga mengaku sebagai penggemarnya, maka wajib hukumnya mampir ke Kampung Arema. Belum lama ini ramai diperbincangkan di sosial media dan berhasil menarik minat para pelancong. 

Sesuai namanya, seluruh bangunan yang berjumlah kurang lebih 500 unit dicat dengan warna biru. Lokasinya sendiri berdekatan dengan Kampung Jodipan. Sehingga, Anda bisa menyambangi dua ikon baru kota Malang sekaligus. 

Tidak hanya berhias warna biru, setiap sudut tembok kampung juga dipasangi simbol dan atribut Arema FC.  

4. Kampung Tridi 

Masih berdekatan dengan Kampung Jodipan, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan ke Kampung Tridi. Anda hanya perlu menyeberangi Sungai Brantas lewat jembatan kaca disana. Wisata buatan Malang ini memberi kesan liburan yang unik dan jarang ditemukan di kota lain. 

Jika dua kampung sebelumnya mengandalkan warna, maka Kampung Tridi lebih menonjolkan karya berupa gambar-gambar mural 3D disetiap dinding rumah warganya. 

Terdapat berbagai macam tema gambar 3D mulai dari Mickey Mouse, Patrick, Thor, Spongebob, Hulk, Spiderman, Captain America dan masih banyak lagi.   

Kampung Tridi beralamatkan di Temenggungan Ledo, Desa Kesatrian, Kecamatan Blimbing, Malang. 

Itu tadi adalah 4 pilihan wisata kampung tematik di Malang yang seru dan ngehits. Cocok untuk liburan bersama keluarga, pasangan atau sahabat. Semoga bermanfaat.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES