Peristiwa Nasional

Wapres KH Ma’ruf Amin Resmikan Halal Center Bangkalan

Kamis, 13 Januari 2022 - 22:28 | 44.62k
Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin meresmikan Halal Center yang berada di Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Kabupaten Bangkalan. (beritajatim.com)
Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin meresmikan Halal Center yang berada di Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Kabupaten Bangkalan. (beritajatim.com)

TIMESINDONESIA, MATARAM – Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin meresmikan Halal Center yang berada di Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Kabupaten Bangkalan.

Tempat pengujian produk halal itu diharapkan memberikan dampak ekonomi yang baik untuk masyarakat Bangkalan. Salah satunya meningkatnya industri produk halal di Madura. Tak hanya dari produk makanan dan minuman namun pertanian, perikanan dan kelautan.

“Industri produk halal harus terus dikembangkan di Madura. Termasuk juga dari sektor pariwisata dan beragam potensi besar lainnya. Apalagi secara geografis Madura dikelilingi oleh pesisir pantai sehingga potensi wisata dan produk hasil laut dapat dikembangkan,” ujar Wapres Kamis (13/1/2022) tadi siang.

Wapres  juga menyebut, saat ini kontribusi terbesar Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Bangkalan yakni dari sektor pertanian, sebesar 25 persen. Sementara dari sektor industri masih diangka 2,5 persen.

“Dari sektor industri itupun penyumbang terbesar dari sektor mamin. Artinya, banyak potensi-potensi lain yang dapat dikembangkan secara optimal agar meningkatkan perekonomian,” tambah mantan Ketua Umum MUI Pusat itu.

Mantan Rais Aam PBNU itu juga menyampaikan, adanya Halal Center menjadi peluang baru untuk mengembangkan Bangkalan. Salah satunya yakni peningkatan ekonomi pelaku usaha UMKM yang sebelumnya kesulitan mendapatkan sertifikasi halal.

“Dengan adanya halal center ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memperoleh sertifikasi halal. Sehingga produk halal menjadi gaya hidup yang makin digandrungi masyarakat,” imbuh Kiai Makruf Amin.

Sementara itu, Rektor UTM Muhammad Syarif menuturkan adanya halal center ini bertujuan untuk menjawab keprihatinan terhadap produk-produk lokal yang hingga saat ini masih kesulitan memenuhi prinsip-prinsip halal.

“Kini masyarakat tidak perlu kesulitan lagi untuk menguji kehalalan produknya. Karena kami sudah memiliki lab pengujian halal. Sehingga komoditas garam, jagung, rempah, sapi, dan pariwisata akan kami jadikan inisiasi lokasi pengembangan (produk) halal,” tambahnya. 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES