Peristiwa Daerah

Palembang Mampu Produksi Pempek 11 Ton Perhari

Kamis, 13 Januari 2022 - 21:16 | 73.39k
Ultah Ke-4 ASPPEK di The Zuri Palembang (Foto: Dok Kominfo Sumsel)
Ultah Ke-4 ASPPEK di The Zuri Palembang (Foto: Dok Kominfo Sumsel)

TIMESINDONESIA, PALEMBANGPempek sudah dikenal sejak lama sebagai makanan khas Kota Palembang. Namun tahukah anda berapa banyak produksi pempek Palembang perharinya, Pemprov Sumsel melansir produksi pempek Palembang capai 11 ton per hari.

Gubernur Sumsel Herman Deru menjelaskan produksi pempek di Palembang mencapai 11 ton per hari dan sebagian besar dari jumlah tersebut disuplai ke luar kota hingga keluar negeri.

"Agar semakin cepat mendunia, pempek khas Palembang harus menjadi makanan yang universal,"ujar Gubernur Sumsel H. Herman Deru saat menghadiri hari jadi ke-4 Asosiasi Pengusaha Pempek (ASPPEK) Kota Palembang.

The Zuri Palembang 2

Kegiatan ini juga sekaligus sosialisasi sertifikasi halal dan izin edar kepada pelaku usaha kuliner Palembang dan Penyerahan Program Sosial Bank Indonesia, di The Zuri Hotel, Kamis (13/1/2021).

Menurut Mantan Bupati OKUT ini mengatakan pempek harus menjadi makanan universal dulu sama seperti bakso yang disukai semua usia dan semua musim.

"Mau musim dingin atau musim panas orang tetap jual bakso. Jejak itu yang harus kita ikui,"terang Politisi Nasdem ini.

HD sapaannya mengatakan kalau bisa jangan hanya keturunan Sumsel atau keluarga orang Sumsel saja tapi semua. "Artinya citarasa cukanya bisa menyesuaikan dengan selera orang Jawa atau orang Sulawesi,"ungkapnya.

Pihaknya berharap pelaku UMKM yang ada di Sumatera Selatan untuk lebih kreatif dan inovatif sehingga mampu bersaing perekonomian sekarang ini di tengah pandemi dan era globalisasi.

"Kehadiran komunitas seperti ASPPEK ini sangat penting, karena tidak hanya UMKM yang bisa masuk dalam rantai produksi global, tetapi juga dapat meningkatkan kelas UMKM itu sendiri,"kata dia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES