Peristiwa Daerah

Binda Jateng Kembali Gelar Vaksinasi Door to Door

Kamis, 13 Januari 2022 - 20:34 | 32.64k
Binda Jawa Tengah menggelar vaksinasi kepada anak usia 6-11 tahun. (Foto: Humas Binda Jateng for TIMES Indonesia)
Binda Jawa Tengah menggelar vaksinasi kepada anak usia 6-11 tahun. (Foto: Humas Binda Jateng for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TEGAL – Badan Intelejen Negara Daerah Jawa Tengah (Binda Jateng) kembali menggelar vaksinasi massal. Vaksinasi massal tersebut ditujukan untuk masyarakat dan anak usia 6-11 tahun serta dilakukan secara door to door.

Informasi tersebut dibenarkan Kabinda Jateng, Bigjen TNI Sondi Siswanto saat dihubungi melalui humas Binda Jateng, Kamis (13/1/2022).

Menurutnya, vaksinasi tersebut dilaksanakan serentak di delapan wilayah Jawa Tengah. Diantaranya yakni Kota Tegal, Kabupaten Kendal, Batang, Wonosobo, Magelang, Purworejo, Purbalingga dan Banyumas. “Target kami yakni dengan peserta 9.000 orang,” tegasnya.

Sondi Siswanto menyebut, sekitar 373 nakes juga ikut terlibat dalam kegiatan vaksinasi kali ini. “Jenis yang digunakan yakni sinovac yang dilakukan secara door to door kepada masyarakat,” ungkapnya.

Binda Jateng Vaksinasi Door to Door 2

Lanjut Sondi Siswanto menyebut, kegiatan sentra vaksinasi yang didirikan Binda Jateng tersebut diantaranya yakni berada di Wisata Curug Sewu, Kecammatan Patean Kendal, lalu Balai Desa Candimulyo, Kecamatan Kertek Wonosobo, kemudian di MI Muhammadiyah Karangasem Batang, selanjutnya di MI Nurul Huda 2 Kota Tegal, lalu Balai Kelurahan Secang, Kecamatan Secang Magelang, kemudian Balai Desa Banjarparakan, Kecamatan Rawalo Banyumas dan SDN1 Desa Dagan, Kecamatan Bobotsari Purbalingga.

"Vaksinasi anak 6 – 11 tahun sangat diperlukan mengingat anak juga rentan tertular virus corona. Dukungan orang tua dan seluruh pihak seperti guru sangat diperlukan untuk suksesnya pelaksanaan vaksinasi. Kami berharap orang tua siswa semakin memahami pentingnya vaksinasi untuk anak mereka ditengah pandemi saat ini," ujar Kabinda.

Kemudian, vaksinasi door to door masih menjadi strategi dalam pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat. Karena selama ini telah terbukti meningkatkan partisipasi warga yang akan divaksin.

"Selain mendirikan sentra vaksinasi, Binda Jateng bersama dengan tenaga Kesehatan juga melakukan jemput bola warga yang tidak hadir ke sentra vaksinasi. Konsep door to door ini, sangat membantu warga terutama yang memiliki keterbatasan menuju ke sentra-sentra vaksin," tegasnya.

Sebelumnya, kata Kabinda, pihaknya juga telah melaksanakan pencanangan vaksin booster untuk masyarakat di Kota Semarang dan 3 Kabupaten lainnya. Kedepan Binda jateng akan kembali melaksanakan vaksinasi booster dengan sasaran kelompok lanjut usia dan kelompok rentan.

"Seluruh kegiatan vaksinasi ini bertujuan untuk mendukung kebijakan pemerintah menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity sehingga masyarakat dapat tahap terhadap virus covid 19 yang terus bermutasi,"terangnya.

Ditambahkan Kepala Binda Jateng, anak atau pelajar dan masyarakat yang telah divaksin diminta tetap menerapkan protokol kesehatan. Dengan tetap menggunakan masker setiap melakukan aktivitas, mencuci tangan dan menjaga jarak. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES