Peristiwa Daerah

Peringatan Hari Jadi ke-21 DPRD Malut Diwarnai Beragam Perlombaan

Kamis, 13 Januari 2022 - 17:50 | 40.40k
Sekretaris Daerah Samsuddin A Kadir saat membuka acara peringatan Hari Jadi DPRD Malut ke-22.(Foto: Humas DPRD Malut)
Sekretaris Daerah Samsuddin A Kadir saat membuka acara peringatan Hari Jadi DPRD Malut ke-22.(Foto: Humas DPRD Malut)

TIMESINDONESIA, SOFIFI – Sekretariat DPRD Provinsi Maluku Utara (DPRD Malut) memperingati hari jadi ke-21 yang jatuh pada 19 Januari 2022. 

Peringatan momentum bersejarah itu diwarnai dengan sejumlah acara perlombaan yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah, Samsuddin A Kadir, Kamis (13/1/2022) di gedung DPRD Malut, Kota Sofifi. 

Perlombaan yang dibatasi pesertanya khusus pegawai Sekretariat DPRD ini terdiri atas lomba karaoke dan TikTok, lomba gawang mini, lomba estafet, lomba tarik tambang dan lomba domino.

Dalam sambutannya, Samsuddin A Kadir, menyampaikan bahwa DPRD Malut merupakan salah satu lembaga legislatif di daerah yang melakukan fungsi kontrol terhadap arah dan kebijakan pemerintah di daerah.  DPRD kata dia, memegang peran penting dalam mengawal kinerja kepala daerah dan jajaran.

DPRD Malut sendiri terbentuk ketika Provinsi Maluku Utara secara resmi dimekarkan dari provinsi induk Maluku tahun 1999 lalu.

Hadir sebagai sebuah persyaratan secara kelembagaan di sebuah provinsi. DPRD Maluku Utara yang saat itu masih berkedudukan di Ternate dibentuk. "Dan tanggal 19 nanti akan berusia 21 tahun," tutur Samsuddin dalam sambutannya.

Samsuddin menyatakan, peringatan Hari Jadi yang biasanya diawali dengan rangkaian kegiatan merupakan hal yang sudah biasa dilakukan.

Menurutnya, diselenggarakan acara ini dengan harapan agar peringatan Hari Jadi ini memiliki kesan khusus yakni 'tidak ingin melupakan sejarah'.  "Dan lebih dari itu Hari Jadi dapat pula dimaknai sebagai tahun evaluasi tehadap perjalanan lembaga ini," ucapnya.

Orang nomor tiga di Pemprov Malut ini berharap agar rangkaian acara yang digelar nanti dapat membawa inspirasi baik bagi jajaran Sekretariat untuk tidak melupakan jasa pemerintah. 

Hari Jadi ke 21 DPRD Malut 2Sekretaris Dewan Abubakar Abdullah. (Foto: Humas DPRD)

"Pelibatan masyarakat dalam kegiatan dengan tujuan untuk lebih mengenal dan mencintai lembaga ini harus dilakukan apalagi di Sofifi yang kita cintai ini," sambung Samsuddin.

Ia menambahkan, kurang lebih 21 tahun penyelenggaran pemerintahan dan pembangunan di Kota Sofifi maupun di seluruh wilayah Provinsi Maluku Utara terus dilakukan.

"Terus berbenahnya pemerintah dalam peningkatan infrastruktur ini diharapkan dapat memperkuat jati diri Sofifi sebagai sebuah kota masa depan. Sinergitas lembaga eksekutif dan legislatif dalam merencanakan semua program pemerintah harus selalu terjaga demi nama baik daerah ini di mata publik," tandas Samsuddin 

Sementara Kabag Umum, Zulkifli bian memastikan penerapan protokol kesehatan dalam acara tersebut. "Saat ini kita masih dalam masa pandemi covid-19, jadi semua peserta maupun panitia wajib menggunakan masker dan menjaga jarak,”pungkasnya.

Turut hadir dalam pembukaan peringatan Hari Jadi DPRD Malut kali ini, Anggota DPRD Malik Silia, Sekretaris Dewan Abubakar Abdullah, Ketua Panitia Nurlela Djafar, Sekretaris Nurmala Mesier, serta pegawai Sekretariat DPRD. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES