Peristiwa Daerah

Stok Vaksin Masih Terbatas, Vaksinasi Booster di Ponorogo Belum Bisa Serentak

Kamis, 13 Januari 2022 - 17:03 | 41.51k
Heni Lestari Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Ponorogo. (Foto: Marhaban/TIMES Indonesia)
Heni Lestari Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Ponorogo. (Foto: Marhaban/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGOPonorogo sudah diijinkan melakukan vaksinasi dosis ketiga atau vaksinasi booster mulai Rabu (12/1/2021). Hanya saja Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Ponorogo belum bisa melaksanakannya secara maksimal karena ketersediaan vaksin untuk booster belum mencukupi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo Heni Lestari Kamis (13/1/2022) mengatakan, "Kami mulai Rabu kemarin sudah melakukan vaksinasi booster untuk 100 dosis Moderna di lantai 6 Gedung Terpadu," ucapnya.

Menurut Heni Lestari, 100 dosis vaksin Moderna tersebut merupakan sisa vaksinasi, sedangkan stok vaksin yang ada saat ini pihaknya masih fokus pada vaksin anak usia 6-11 tahun dan tanggungan dosis kedua yang masih kurang.

"Sementara itu rekomendasi untuk booster yakni dosis 1 dan 2 vaksin Sinovac maka vaksin boosternya Pfizer, atau Astrazeneka, atau heterolog," jelas Heni Lestari.

Menurutnya pemberian booster hanya setengah dosis, "Syarat penerima vaksin booster usia minimal 18 tahun dan sudah menerima dosis dua selama 6 bulan," kata Heni Lestari.

Kini pihak Dinkes Ponorogo berharap Provinsi atau Pemerintah Pusat bisa memberi alokasi khusus untuk Kabupaten Ponorogo demi melaksanakan vaksinasi booster. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES