Pendidikan

Hebat, UINSA Terima Tiga Hak Paten dari Kemenkumham RI

Kamis, 13 Januari 2022 - 16:35 | 44.19k
Prof. H. Masdar Hilmy, SAg, MA, PhD (kiri) selaku Rektor UINSA dan Dra Dede Mia Yusanti, MLS. (FOTO: Humas UINSA/TIMES Indonesia)
Prof. H. Masdar Hilmy, SAg, MA, PhD (kiri) selaku Rektor UINSA dan Dra Dede Mia Yusanti, MLS. (FOTO: Humas UINSA/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) menerima tiga Hak Paten dari Kementerian Hukum dan HAM RI (Kemenkumham RI) di awal 2022 ini.

Tiga Hak Paten tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Paten, Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu (DTLST), dan Rahasia Dagang Kemenkumham, RI. Dra. Dede Mia Yusanti, M.L.S., yang diterima secara langsung oleh Prof. H. Masdar Hilmy, S.Ag., M.A., Ph.D., selaku Rektor UINSA yang dilakukan pada Selasa,(11/1).

Saat menerima tiga hak paten tersebut, Rektor mengungkapkan apresiasi. "Ini adalah capaian yang tak ternilai harganya. Tidak terduga-duga, tiga paten sekaligus diberikan sertifikatnya pada hari ini. Tentu di luar ekspektasi kita," ujar Masdar.

Masdar-Hilmy-2.jpg

Rektor mendorong seluruh fakultas di UINSA untuk menggali kekayaan intelektualnya agar mendapatkan hak atas kekayaan intelektual atau HAKI, diantaranya hak cipta dan juga paten. "Capaian paten ini tentunya akan dapat menambah daya saing UINSA dalam kancah Perguruan Tinggi di Indonesia," tambahnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UINSA Prof. Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusydyah, M.Ag., mengungkap bahwa rasa syukurnya atas keberhasilan UINSA meraih tiga hak paten sekaligus.

Evi menuturkan sejak tahun 2019 FST UINSA telah mengajukan sembilan paten, tetapi baru tiga yang telah diterima kampus. "Ada tiga paten yang telah diterima dan masih ada empat lagi dalam proses permohonan paten lengkap dan siap diperiksa, sedangkan sisanya masih pada tahap awal pengajuan," tuturnya.

Evi juga berharap agar Hak Paten tersebut dapat benar-benar bermanfaat untuk kalangan industri agar dapat memajukan perekonomian negara, khususnya Jawa Timur. "Kami berharap semoga empat paten yang siap diperiksa dalam kurun waktu satu sampai dua bulan lagi juga dapat kami terima sertifikat hak patennya," imbuh Dekan FST ini.

Acara penyerahan tiga Hak Paten tersebut selain dari UINSA juga dihadiri Kadin Jatim, Biro Perekonomian Pemprov Jatim, BUMD Jatim serta perwakilan dari Pemkot Surabaya. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan kegiatan Workshop Pendampingan Drafting Hak Paten dengan narasumber dari DJKI Kemenkumham RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES