Indonesia Positif

Jelang PTM 100 Persen, SMAN 2 Kota Batu Bersolek

Kamis, 13 Januari 2022 - 15:59 | 58.85k
Para siswa SMAN 2 Kota Batu bersolek menjelang PTM 100 persen dan melaksanakan proses Aksi Nyata Proses Penguatan Profil Pelajar Pancasila. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Para siswa SMAN 2 Kota Batu bersolek menjelang PTM 100 persen dan melaksanakan proses Aksi Nyata Proses Penguatan Profil Pelajar Pancasila. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Menjelang Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen, SMAN 2 Kota Batu bersolek. Siswa-siswinya bergerak bersama membersihkan lingkungan sekolah, melakukan daur ulang sampah dan menata taman.

Tidak hanya menanam berbagai tanaman hias, mereka membersihkan kolam, mengisinya dengan berbagai jenis ikan, kemudian memasang kalimat-kalimat motivasi untuk terus belajar dan menjaga kebersihan lingkungan.

Tak heran, sekolah yang awalnya terlihat kurang rapi menjadi sangat indah dan siap untuk menyambut kedatangan para siswa yang akan melaksanakan PTM 100 persen pekan depan. Keantusiasan para siswa dan guru ini adalah Aksi Nyata Proses Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang dilaksanakan oleh SMAN 2 Batu.

SMAN-2-Kota-Batu-2.jpg

“Sebenarnya kegiatan yang kita laksanakan hari ini merupakan project penguatan profil Pelajar Pancasila yang wajib harus kami laksanakan sebagai sekolah penggerak dengan tema gaya hidup berkelanjutan,” ujar Koordinator Project, Eni Farijah.

Menurut Eni, momen pelaksanaan project ini sangat pas, karena dilaksanakan beberapa hari menjelang pelaksanaan pembelajaran tatap muka 100 persen, sehingga suasana sekolah sangat mendukung pembelajaran yang dilakukan para siswa.

“Ini adalah project aksi nyata kedua kami, tahap awal anak-anak sudah melakukan project bhakti pemuda, hari ini kita lakukan kegiatan bertemakan gaya hidup berkelanjutan dengan topik peduliku untuk bumi dan nanti dilanjutkan dengan project kewirausahaan,” ujarnya.

SMAN-2-Kota-Batu-3.jpg

Berbagai kegiatan dilakukan dalam sesi ini, mulai dari melakukan podcast, fotografi, daur ulang sampah, penataan taman hingga membuat slogan. Daur ulang sampah yang dilakukan antara lain memanfaatkan sampah plastic untuk membuat kincir angin yang dipasang untuk menghias taman.

Mereka juga memanfaatkan botol bekas air mineral untuk pot tanaman hias pada enam titik taman yang ditata oleh para siswa hari ini. “Harapan kita para siswa semakin mencintai sekolah dengan taman dan lingkungan yang semakin asri dan indah. Project ini harus dilakukan oleh para siswa, sehingga ada raportnya sendiri, yakni sepertiga dari jam pelajaran 1 semester,” ujarnya.

Kegiatan bersih-bersih ini dilakukan oleh seluruh siswa kelas X, dibantu sebagian kelas XI dan kelas XII dengan pelibatan sebagian guru SMAN 2 Kota Batu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES