Peristiwa Daerah Indonesia Herd Immunity

Vaksinasi Booster di Gresik Dimulai, Warga Bisa Langsung ke Puskesmas

Kamis, 13 Januari 2022 - 15:13 | 63.26k
Vaksin booster saat disuntikan kepada anggota Polsek Manyar (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia).
Vaksin booster saat disuntikan kepada anggota Polsek Manyar (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia).
FOKUS

Indonesia Herd Immunity

TIMESINDONESIA, GRESIKVaksinasi booster di Gresik, Jawa Timur telah dimulai perdana pada Rabu (12/1/2022) kemarin. Bagi warga yang ingin mendapatkan suntik vaksin ketiga, bisa langsung ke Puskesmas terdekat.

Vaksin booster menyasar masyarakat yang telah melewati enam bulan setelah penyuntikan vaksin dosis kedua. Mereka cukup datang ke fasilitas layanan kesehatan dan menunjukkan indentitas diri dan bukti sudah pernah disuntik vaksin.

Pemkab Gresik sendiri mengoptimalkan penyuntikan di puskesmas. Vaksin booster kepada seluruh masyarakat yang berusia di atas 18 tahun. 

Kikc-off-vaksinasi-Covid-19-dosis-ketiga.jpgKikc off vaksinasi Covid-19 dosis ketiga di RS Ibnu Sina Gresik (Foto: Humas Polres Gresik/TIMES Indonesia).

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan, pada hari pertama kemarin, dinas kesehatan telah menyuntikan dosis vaksin ketiga pada 710 sasaran.

"Hari pertama ada 710 sasaran. Mudah - mudahan ini menjadi strategi untuk melawan Covid-19 varian baru Omicron," ujar Bupati Yani, Kamis (13/1/2022)

Vaksinasi booster ini gratis tidak dipungut biaya. Meski sudah menerima vaksin, disiplin menerapkan protokol kesehatan tidak boleh kendor. 

"Terutama saat beraktivitas di luar rumah, menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas," terangnya.

Kikc-off-vaksinasi-Covid-19-dosis-ketiga-2.jpg

Salah satu peserta vaksinasi booster, Aiptu Supriono mengatakan, proses vaksinasi sama seperti saat ia mendapat dosis pertama dan kedua.

"Pertama screening pengecekan kesehatan. Setelah lolos screening saya lalu menerima dosis ketiga vaksin Covid-19 jenis Astra Zeneca," katanya.

Ada yang menarik pada vaksin booster di halaman kantor Polisi ini. Ketika Aiptu Supriono disuntik vaksin, tangan sebelah kanan memegang segelas kopi hitam sembari berkata,

"Bismillah sehat, jangan lupa ngopi," ucapnya kepada rekan kerja yang turut mendampingi.

Sementara itu, Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis akan mendukung penuh program pemerintah guna percepatan vaksinasi.

Para lansia di Gresik menjadi prioritas untuk menerima dosis vaksin dengan syarat telah menerima dosis vaksin kedua dengan jarak enam bulan yang lalu. Vaksinasi booster ini akan diberikan setengah dosis. 

"Terutama lansia yang berada di desa. Prioritas mendapat dosis vaksin booster, akan kami bantu sosialisasi kalau perlu bantuan kami siap mengantar ke Puskesmas," imbuhnya menanggapi Vaksinasi booster di Gresik dimulai. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES