Pemerintahan

Lewat Rakerda Pertama, PHRI Jatim Siap Bangkitkan Pariwisata Kembali

Kamis, 13 Januari 2022 - 14:17 | 55.05k
Ketua PHRI Jatim bersama perwakilan dan Wali Kota Malang, Sutiaji saat membuka acara Rakerda I PHRI Jatim di Grand Mercure Hote Malang, Kamis (13/1/2022). (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Ketua PHRI Jatim bersama perwakilan dan Wali Kota Malang, Sutiaji saat membuka acara Rakerda I PHRI Jatim di Grand Mercure Hote Malang, Kamis (13/1/2022). (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Jawa Timur (PHRI Jatim) siap membangkitkan pariwisata bersama di awal tahun 2022 ini. Melalui Rapat Kerja Daerah (Rakerda) pertama, PHRI Jatim menggandeng berbagai asosiasi untuk bisa bersama memulihkan perekonomian melalui sektor wisata.

Bertempat di Grand Mercure Hotel Malang, kegiatan Rakerda Pertama PHRI Jatim dilaksanakan selama dua hari sejak Rabu (12/1/2022) dan Kamis (13/1/2022).

Dibuka oleh Wali Kota Malang, Sutiaji, tak lupa dukungan dalam kebangkitan pariwisata di tahun 2022 ini juga ada dari Kemenparekraf RI, Sandiaga Uno dan Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak.

Dalam sambutannya secara virtual, Sandiaga Uno mengatakan, hal penting di langkah awal dalam membangkitkan pariwisata ini adalah pemaksimalan program CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability).

"Penggunaan pedulilindungi juga tolong dipergunakan dengan baik. Ini benar-benar harus difungsikan dalam mendukung program utama CHSE dalam prioritas pemulihan ekonomi sektor pariwisata," ujar Sandiaga Uno, Kamis (13/1/2022).

Di sisi lain, Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak menyambut baik niat dari PHRI Jatim untuk mendukung kebangkitan pariwisata Jatim yang selama ini mengalami keterpurukan akibat pandemi Covid-19.

Ia mencatat, setidaknya ada 1.500 hotel di Jawa Timur. Akan tetapi yang telah terverifikasi CHSE baru ada 196 yang artinya 1.344 yang belum masuk verifikasi, harapannya ke depan melalui program PHRI Jatim bisa memeratakan seluruhnya dalam mendukung kebangkitan pariwisata.

"Kita harap PHRI jadi wadah profesionalisme. Target investasi kita juga tinggi di tahun 2022. Ini harus kita awali dengan optimisme untuk Jatim bangkit," ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Malang, Sutiaji yang membuka secara langsung Rakerda pertama PHRI Jatim, menyambut baik rekomendasi PHRI Jatim yang meminta bahwa pelaksanaan kegiatan di hotel bisa dilakukan pada weekday untuk pemerataan.

"Saya juga sudah sampaikan ke rektor-rektor untuk melaksanakan kegiatan di Weekday biar tidak menumpuk dan ada perputaran. Sekarang harus ada pemerataan. Gak hanya kegiatan di Surabaya, tapi di Malang dan Batu hingga daerah lain juga," katanya.

Usai pelaksanaan Rakerda pertama, Ketua PHRI Jatim, Dwi Cahyono menyambut baik respons dari Wali Kota Malang, Sutiaji yang mendukung salah satu rekomendasi dari berbagai program bersama dalam membangkitkan pariwisata  Jawa Timur.

PHRI Jatim b

Apalagi, ia juga sempat menyebutkan bahwa selama pandemi Covid-19 ada sekitar 15 ribu pegawai hotel dan restoran yang mau tidak mau dirumahkan.

"Tentu ini berat sekali. Kalau sebelumnya, jangankan memajukan, bertahan hidup saja luar biasa," imbuhnya.

Oleh karena itu, tujuan dari Rakerda pertama dalam membangkitkan pariwisata dan perekonomian Jatim, tentu harus dibarengi oleh kolaborasi dari berbagai asosiasi.

"Jadi ini kita satukan. Pandemi sudah melandai, kita bersama di awal tahun 2022 ini. Kita juga sadar bahwa PHRI gak bisa bekerja sendiri," ungkapnya.

Di sisi lain, banyak program dan rekomendasi yang perlu dijabarkan secara internal. Secara umum, Dwi menyebutkan bahwa pentingnya bersinergi salah satunya juga dengan unsur pemerintahan.

"Kalau sebelumnya kontraksi okupansi luar biasa bisa sampai 10 persen. Nah salah satunya kita juga merekomendasikan ke pemerintahan biar kalau ada pengumuman gak mendadak, jadi kita bisa siap-siap. Intinya tahun ini harus bersama-sama," ucap Ketua PHRI Jatim.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES