Peristiwa Daerah

Si Jago Merah Lalap Pabrik Tahu Kota Batu

Kamis, 13 Januari 2022 - 07:01 | 46.64k
Petugas PMK Berjibaku memadamkan api yang membakar seluruh isi pabrik tahu beserta perlengkapannya. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Petugas PMK Berjibaku memadamkan api yang membakar seluruh isi pabrik tahu beserta perlengkapannya. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATUKebakaran hebat terjadi di Kota Batu, Jawa Timur, Rabu (12/1/2022) pukul 23.20 WIB. Si jago merah melalap pabrik tahu milik M Salim, warga Jalan Minsuwarso, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu.

Berkat kesigapan petugas PMK dan warga, api yang membakar pabrik tahu yang berada di tengah permukiman penduduk ini tidak sampai merembet ke rumah-rumah lain. PMK mengerahkan 2 truk suplai, 3 truk pemadam kebakaran dan 1 unit mobil rescue.

Petugas-PMK-Berjibaku-memadamkan-api--2.jpg

Peristiwa kebakaran ini terjadi saat sebagian besar warga mulai terlelap. Beberapa warga terbangun saat mendengar suara ledakan kecil-kecil seperti mercon yang bersaut-sautan. Hingga terdengar bunyi ledakan terakhir yang cukup keras.

“Saya kira anak bermain petasan, siapa sih kok main petasan malam-malam, saya lihat dari loteng ternyata ada kebakaran, tidak berselang lama mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi. Alhamdulillah bisa segera dipadamkan, tidak sampai merembet ke bangunan yang lain,” ujar Sanusi, warga setempat.

Kepala Bidang Pemadaman, Penyelamatan dan Sarana Prasarana DPKP Kota Batu, Santoso Wardoyo bersyukur tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Petugas-PMK-Berjibaku-memadamkan-api--3.jpg

“Kita mendapatkan telepon kebakaran pukul 23.20 dari Bapak Adam, mobil langsung meluncur dan tiba di lokasi pukul 23.26 WIB,” ujar Santoso. Ia memperkirakan sumber kebakaran ini dari sisa api dari tungku setelah produksi tahu di pagi hari.

Pagi harinya, produksi tahu selesai pukul 11.00 WIB, setelah itu tidak ada aktivitas lagi di pabrik. Angin kencang yang bertiup di kawasan ini selama beberapa hari ini membuat sisa api ditungku ini membakar benda disekelilingnya hingga membesar.

Luas pabrik tahu ini sekitar 30 meter persegi dan membakar hampir seluruh bagian bangunan. Beserta peralatan. “Kerugian kita perkirakan Rp 35 juta,” ujar Santoso. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES