Peristiwa Daerah

Audiensi dengan Plh Bupati Banjarnegara, Warga Tolak Proyek Geothermal

Rabu, 12 Januari 2022 - 21:04 | 36.27k
Plh Bupati Banjarnegara H Syamsudin, Rabu (12/1/2022) melakukan audensi dengan warga Desa Karangtengah, Batur, terkait proyek geotermal. (FOTO : Kominfo for TIMES Indonesia)
Plh Bupati Banjarnegara H Syamsudin, Rabu (12/1/2022) melakukan audensi dengan warga Desa Karangtengah, Batur, terkait proyek geotermal. (FOTO : Kominfo for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Bertempat di Kantor Kecamatan Batur, Warga Desa Karangtengah, Kecamatan setempat melakukan audiensi dengan Plh Bupati Banjarnegara dan Forkompinda Kabupaten Banjarnegara, Rabu (12/1/2022)

Terungkap dalam pertemuan ini, warga  ingin proyek geothermal PT Geo Dipa Energi di Desa Karang Tengah dihentikan karena dianggap berdampak negatif terhadap lingkungan dan warga dan sekitarnya.

Seperti disampaikan, Mukhodin, Kepala Desa Karangtengah, warga menolak proyek Geo Dipa dilanjutkan di wilayah Desa Karangtengah karena ada pencemaran air dari limbah pengeboran panas bumi dan kebisingan suara kendaraan serta alat berat yang keluar masuk proyek.

Menurutnya warga khawatir akan dampak proyek yang dilakukan oleh Geo Dipa tersebut karena bisa membahayakan kesehatan dan keselamatan warga.

Seperti disampaikan, Faturohman, salah seorang warga Desa Karangtengah, warga semakin khawatir ketika Geo Dipa membangun power plant yang lokasinya sangat dekat dengan pemukiman warga.

H Syamsudin b

Disamping itu, berdekatan dengan mata air yang mengairi empat desa. Jika belum ada kesepakatan, ia dan warga lain menghendaki  seluruh kegiatan proyek di wilayah Desa Karangtengah untuk dihentikan.

Menanggapi hal ini, Plh Bupati Banjarnegara H Syamsudin menjelaskan bahwa apa yang disampaikan oleh warga akan diteruskan dan dikoordinasikan dengan pihak Geo Dipa.

Syamsudin meminta warga untuk bersabar. Karena semuanya memerlukan proses. Mengingat Geo Dipa adalah lembaga milik BUMN di bawah Kementerian Keuangan.

Oleh karena itu untuk keputusan yang lebih lanjut juga akan dikomunikasikan sampai ke pusat.

Usai audiensi, Plh Bupati bersama Forkompinda meninjau lokasi Power Plant dan bertemu dengan pihak Geo Dipa.

Telah disepakati oleh Geo Dipa, untuk sementara menutup dan menghentikan kegiatan di Desa Karangtengah Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES