Peristiwa Daerah

Warga Diimbau Tetap Waspada, Ini Daerah Rawan Bencana di Magetan

Rabu, 12 Januari 2022 - 19:03 | 66.38k
Pengendara di Magetan saat melintas saat hujan. (Foto: M Kilat Adinugroho/TIMES Indonesia)
Pengendara di Magetan saat melintas saat hujan. (Foto: M Kilat Adinugroho/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Warga Kabupaten Magetan diimbau untuk selalu waspada kemungkinan terjadinya bencana.  Sebab hujan lebat dan angin kencang diperkirakan masih akan mengguyur wilayah setempat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan menyebut ada beberapa kawasan yang masuk daerah rawan bencana banjir, longsor, dan angin kencang. Ada pun daerah tersebut meliputi:

1. Rawan banjir: Desa Ngelang dan Jajar di Kecamatan Kartoharjo, Desa Kedungpanji di Kecamatan Lembeyan.

2. Rawan longsor: Seluruh desa di Kecamatan Poncol dan Kecamatan Palosan, juga sebagaian desa di Kecamatan Parang dan Kecamatan Panekan.

"Saat ini yang perlu diwaspadai bencana banjir, longsor dan angin kencang. Untuk daerah rawan angin kencang hampir di seluruh wilayah Kabupaten Magetan," ujar Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan Eka Wahyudi, Rabu (12/1/2022).

Untuk mengantisipasi potensi risiko bencana, pihaknya meminta warga mengurangi aktivitas di luar di rumah saat hujan lebat atau cuaca ekstrem.

Bagi pengguna jalan diingatkan agar berteduh di bangunan-bangunan yang kuat dan jangan berteduh di tempat yang rawan roboh saat diterjang hujan disertai angin kencang. 

"Jika terpaksa berada di luar rumah hindari pohon besar, baliho, dan saluran air seperti gorong-gorong. Selalu siaga dengan cara memantau kondisi di sekitar dan segera melapor ke desa atau BPBD apabila terjadi bencana," tuturnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES