Pemerintahan

Selain Cek Persiapan MotoGP, Presiden RI Jokowi akan Resmikan Bendungan Bintang Bano

Rabu, 12 Januari 2022 - 17:47 | 59.11k
Foto Sekretaris Daerah (Sekda) NTB H. Lalu Gita Ariadi
Foto Sekretaris Daerah (Sekda) NTB H. Lalu Gita Ariadi

TIMESINDONESIA, MATARAMPresiden RI Jokowi dijadwalkan mengunjungi NTB pada 13 – 14 Januari 2021. Sekretaris Daerah NTB H. Lalu Gita Ariadi mengatakan ada dua agenda Presiden di NTB.

Pertama, Jokowi akan mengecek persiapan MotoGP di Sirkuit Mandalika. Kedua, akan meresmikan Bendungan Bintang Bano di Kabupaten Sumbawa Barat.

Bendungan tersebut menelan anggaran hingga Rp1,4 triliun lebih dan dibangun dalam dua tahap. Tahap I telah dilaksanakan pada Tahun Anggaran (TA) 2015-2019 sebesar Rp 996,7 miiar. Sementara Tahap II dilaksanakan pada TA 2020-2021 dengan menggelontorkan dana sebesar Rp441,4 miliar.

Lalu Gita menegaskan, kunjungan Presiden RI ke-7 di NTB sangat penting untuk meninjau sejumlah program nasional. Terlebih NTB sebagai tuan rumah MotoGP 2022.  

Dikatakan, Jokowi nantinya akan mengecek berbagai hal baik mulai dari bandara, jalan, ketersedian hotel, sektor UMKM, transportasi dan lokasi sirkuit. “Bapak presiden akan melakukan simulasi sebagai pelaku perjalanan luar negeri setibanya di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid,” ujar H.L Gita Ariadi di Mataram Rabu (12/1).

Untuk di Bandara Bizam Presiden rencananya akan mengecek kesiapan di pintu kedatangan, karantina, keimigrasian, dan mengecek areal drop zone.

Usai memeriksa kondisi Bandara Bizam, Presiden juga akan memeriksa kondisi Sirkuit. Dia bahkan dijadwalkan akan mengendarai sepeda motor dari Bizam menuju Sirkuit Mandalika.

Adapun peresmian Bendungan Bintang Bano oleh Presiden RI Jokowi akan berlangsung pada Jum’at (14/1/2022). Bendungan itu dirancang membendung aliran Sungai Brang Rea dengan total kapasitas tampung 65,84 juta meter kubik dan genangan seluas 277,52 hektar. “Kami sudah menyiapkan berbagai hal menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo di NTB,” ungkapnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES